Lavrov Peringatkan Doktrin Rusia tentang Penggunaan Senjata Nuklir Sedang Diklarifikasi

Rabu, 28 Agustus 2024 - 06:15 WIB
loading...
Lavrov Peringatkan Doktrin...
Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov memperingatkan doktrin Rusia tentang penggunaan senjata nuklir saat ini sedang diklarifikasi.

"Orang Amerika pasti mengaitkan percakapan tentang perang dunia ketiga ini sebagai sesuatu yang, amit-amit, jika terwujud, hanya dapat memengaruhi Eropa ... Dan dalam situasi ini, mungkin sangat penting untuk memahami bahwa kita memiliki doktrin kita sendiri, termasuk doktrin penggunaan senjata nuklir, yang, omong-omong, sekarang sedang diklarifikasi, dan yang sangat disadari oleh para pejabat Amerika," ujar Lavrov kepada wartawan setelah pembicaraan dengan Menlu Yaman.

Lavrov menganggap tuntutan Kiev untuk menggunakan rudal Storm Shadow terhadap Rusia sebagai pemerasan.

“Tuntutan Ukraina kepada Barat untuk mengizinkan penggunaan rudal Storm Shadow di Moskow dan St Petersburg adalah pemerasan,” ungkap Lavrov.

"Ini adalah pemerasan. Ini adalah upaya untuk berpura-pura bahwa Barat ingin menghindari eskalasi yang berlebihan, tetapi pada kenyataannya itu adalah penipuan. Barat tidak ingin menghindari eskalasi," tegas Lavrov kepada wartawan setelah pembicaraan dengan Menlu Yaman.

Dia menyebut pembahasan tentang kemungkinan penggunaan rudal Storm Shadow oleh Ukraina untuk menyerang jauh ke Rusia sebagai "bermain api."

“Rusia tidak akan tertipu oleh pertemuan puncak perdamaian dengan Ukraina di belahan bumi selatan jika mengikuti logika yang sama seperti yang pertama,” ujar Lavrov.

“Jika Barat tertarik untuk menyelesaikan konflik di Ukraina, mereka perlu duduk di meja perundingan,” papar dia.

Pada Minggu, media melaporkan, mengutip pejabat senior di Kiev, bahwa Ukraina ingin meluncurkan "serangan demonstrasi" terhadap target di dekat Moskow atau St Petersburg menggunakan rudal jelajah Storm Shadow yang dipasok Inggris untuk "mendorong penilaian ulang di Kremlin," meskipun Amerika Serikat sejauh ini belum mendukung rencana tersebut.

Sementara itu, Rusia menunggu tanggapan Prancis atas catatan tentang penahanan Pendiri dan CEO Telegram Pavel Durov.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1481 seconds (0.1#10.140)