70 Tahun Diplomatik RI-Rusia, Pererat Hubungan Melalui Lomba Esai

Rabu, 18 September 2019 - 14:06 WIB
70 Tahun Diplomatik RI-Rusia, Pererat Hubungan Melalui Lomba Esai
70 Tahun Diplomatik RI-Rusia, Pererat Hubungan Melalui Lomba Esai
A A A
JAKARTA - Untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) hubungan diplomatik RI-Rusia ke-70,Kedutaan Besar (Kedubes) Rusia untuk Indonesia mengadakan lomba essay dan logo. Pemenang lomba akan diberi tiket gratis pulang pergi Indonesia-Rusia.

Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, mengatakan Kedubes Rusia telah menerima 309 essay dan 39 logo. Peserta berasal dari berbagai daerah, mulai dari Aceh hingga Papua, dan dari berbagai kalangan usia.

Jumlah karya yang diterima sebenarnya lebih banyak. Hanya saja, pengirimannya sudah melampaui batas waktu yang ditentukan sehingga tidak dianggap valid. Perlombaan dilaksanakan dari 22 Juli sampai 27 Agustus silam.

Pemenang lomba logo jatuh kepadaUdhy Mozal, seorang desainer asal Jakarta. Sementara lomba essay dimenangi Rafly Aditya Nurdhani dan Monica Jesusia. Mereka meraih tiket pulang pergi menuju Moskow yang berlaku hingga 15 Desember mendatang.

Mozal merancang logo 70 tahun hubungan RI-Rusia dengan sangat sederhana, sehingga jelas dan mudah ditangkap maknanya. Dia menggambar angka 70 di dalam sebuah lingkaran. Angka 7 dibentuk menyerupai Monas yang dimiringkan dan dipasangi bendera merah putih.

“Arti dari logo ini ya kurang lebih semoga persahabatan kedua negara tetap terjaga dengan baik dan saling menguntungkan,” terang lelaki kelahiran tahun 1967 tersebut. Logo itu dibuat sesuai dengan tema tahun ini yang mengangkat sejarah panjang hubungan diplomatik RI-Rusia.

Di sela-sela pemberian hadiah, Lyudmila mengatakan Indonesia merupakan mitra penting Rusia di Asia Pasifik. Dia berharap hubungan kedua negara akan semakin menguat. Indonesia dan Rusia secara resmi menjalin hubungan diplomatik sejak tahun 1950. (Muh Shamil)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4129 seconds (0.1#10.140)