AS Minta Eropa Perkuat Upaya Halau Ancaman China dan Rusia

Jum'at, 06 September 2019 - 20:19 WIB
AS Minta Eropa Perkuat Upaya Halau Ancaman China dan Rusia
AS Minta Eropa Perkuat Upaya Halau Ancaman China dan Rusia
A A A
LONDON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Mike Esper meminta kepada Eropa untuk meningkatkan upaya dalam menghalau ancaman yang ditimbulkan China dan Rusia. Esper menyebut, ancaman dari China dan Rusia, baik secara keamanan ataupun ekonomi, kian hari kian meningkat.

"Semakin jelas bahwa Rusia dan China ingin mengganggu tatanan internasional dengan mendapatkan hak veto atas keputusan ekonomi, diplomatik, dan keamanan negara lain," kata Esper dalam sebuah pernyataan.

"AS menghadapi tantangan ini secara langsung, tetapi jika kita ingin melestarikan dunia, kita semua telah menciptakan bersama melalui beberapa dekade pengorbanan bersama, kita semua harus bangkit pada kesempatan itu," sambungnya pada Jumat (6/9).

Esper menggambarkan serangkaian kekhawatiran tentang China, mulai dari cara menggunakan kekuatan ekonominya hingga pencurian teknologi. Dia menunjuk pada situasi di Hong Kong, yang telah diliputi kemarahan dan terkadang protes keras terhadap pemerintah selama berbulan-bulan karena RUU ekstradisi dari Hong Kong ke daratan Cina.

"Kita semua melihat apa yang terjadi pada mereka yang terus berbicara menentang pengaruh (Partai Komunis China) di Hong Kong. Saya ada di sana untuk serah terima pada tahun 1997 ketika "satu negara, dua sistem" ditegaskan, saya bertanya kepada Anda mengingat apa yang kita lihat di Hong Kong , apakah Cina menepati janji-janji itu," ungkapnya.

Esper juga menyoroti risiko yang ditimbulkan oleh Rusia, dari potensi serangan ke negara tetangga hingga tindakannya di Suriah. "Sederhananya, kebijakan luar negeri Rusia terus mengabaikan norma-norma internasional," tukas Esper.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6348 seconds (0.1#10.140)
pixels