Padamkan Kebakaran Amazon, Brazil Dapat Bantuan Pesawat dari Chili

Kamis, 29 Agustus 2019 - 01:51 WIB
Padamkan Kebakaran Amazon, Brazil Dapat Bantuan Pesawat dari Chili
Padamkan Kebakaran Amazon, Brazil Dapat Bantuan Pesawat dari Chili
A A A
BRASILIA - Presiden Brazil, Jair Bolsonaro, mengatakan telah menerima empat pesawat dari Chili untuk membantu memadamkan kebakaran hutan Amazon. Ia juga mengumumkan bahwa negara-negara Amazon akan bertemu untuk membahas situasi saat ini yang disebabkan oleh kebakaran di Amazon.

"Pertemuan akan diadakan 6 September dengan tetangga-tetangga regional, kecuali Venezuela, di Leticia, Kolombia," kata Bolsonaro kepada wartawan bersama dengan rekannya dari Chili, Sebastian Pinera, yang hadir pada KTT G7 di Prancis akhir pekan lalu seperti dikutip dari Anadolu, Kamis (29/8/2019).

Dia mengatakan Brazil menerima tawaran empat pesawat Chili untuk membantu memadamkan kebakaran di Amazon, yang dikenal sebagai "paru-paru bumi," yang telah meningkat 84% tahun ini dibandingkan tahun lalu. Kebakaran itu mengurangi keanekaragaman hayati dan mempercepat pemanasan global.

Sementara mengacu pada tawaran negara-negara G7 lebih dari USD20 juta, Bolsonaro mengatakan kedaulatan Brasil tidak memiliki harga, bahkan USD20 triliun.

Semenatra Pinera mengatakan tantangan lingkungan harus dipenuhi sambil menghormati kedaulatan nasional dan penggunaan kerja sama bilateral serta dana internasional untuk membantu menangani krisis sangat berharga dan penting.

Pinera mengaku sangat senang berkolaborasi dengan Brazil dalam menangani masalah kebakaran hutan Amazon dan menghormati kedaulatan Brazil dan Bolsonaro sebagai Presiden.

Sebelumnya Bolsonaro mengatakan Brazil akan menerima tawaran bantuan untuk membantu memerangi kebakaran hutan yang diumumkan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron hanya jika pemimpin Prancis itu menarik "hinaannya".

"Pertama-tama, Tuan Macron harus mengambil kembali penghinaan yang ia lakukan terhadap saya. Pertama ia menyebut saya pembohong dan kemudian, berdasarkan informasi yang saya dapatkan, ia mengatakan kedaulatan kami di Amazon adalah masalah terbuka," kata Bolsonaro.

"Untuk berbicara dan menerima apa pun dari Prancis, yang merupakan niat terbaik, dia harus menarik kata-kata itu dan kemudian kita dapat berbicara," tambahnya. (Baca juga: Brazil pada Macron: Hentikan Penghinaan, Baru Bahas Bantuan )

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memuji Bolsonaro, mengatakan Brazil memiliki dukungan penuh dan lengkap dari AS.

Namun, Bolsonaro menuduh Macron memiliki niat berbeda dan memperlakukan wilayah sebagai koloni.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5135 seconds (0.1#10.140)