Netanyahu Larang Penjualan F-35, UEA Batalkan Pertemuan dengan Israel dan AS

Selasa, 25 Agustus 2020 - 14:04 WIB
loading...
Netanyahu Larang Penjualan F-35, UEA Batalkan Pertemuan dengan Israel dan AS
Pesawat jet tempur siluman F-35 Israel. Foto/REUTERS/Amir Cohen
A A A
ABU DHABI - Uni Emirat Arab (UEA) dilaporkan membatalkan pertemuan trilateral dengan Israel dan Amerika Serikat pekan lalu. Pembatalan itu sebagai reaksi Emirat atas penolakan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu terhadap penjualan jet tempur siluman F-35 Washington ke Abu Dhabi.

Situs berita Walla dalam laporannya mengatakan pertemuan utusan tiga negara untuk PBB di New York telah dijadwalkan bertemu hari Jumat pekan lalu untuk merayakan normalisasi hubungan Israel-UEA .

Tetapi menjelang pertemuan itu, Netanyahu berbicara menentang penjualan persenjataan canggih AS ke UEA, menyusul laporan bahwa dia telah setuju untuk menarik penentangan terhadap kesepakatan itu dengan imbalan normalisasi. (Baca: AS Pasok Jet Tempur Siluman ke UEA Imbalan Normalisasi Emirat-Israel? )

Israel khawatir mengizinkan UEA untuk mendapatkan jet tempur siluman ultra-canggih Amerika akan membahayakan keunggulan militernya di wilayah tersebut, yang telah berjanji untuk ditegakkan oleh AS.

Menanggapi Netanyahu, pejabat UEA memutuskan untuk mengirim pesan ke Netanyahu dan menyampaikan "kekecewaan" mereka dengan membatalkan partisipasi mereka. Hal itu diungkap tiga sumber yang mengetahui masalah tersebut kepada Walla.

Negara Teluk itu, lanjut laporan Walla, juga akan menunda pertemuan tingkat tinggi lainnya dengan Israel sampai posisi Netanyahu diklarifikasi.

Jika dikonfirmasi, laporan itu akan meredam harapan yang tidak jelas untuk persahabatan terbuka yang berkembang antara Israel dan UEA, yang merupakan negara Arab ketiga di kawasan itu yang setuju untuk menormalisasi hubungan dengan negara Yahudi tersebut. (Baca: Israel Menentang Penjualan Jet Tempur F-35 AS ke UEA )

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membantah bahwa penjualan F-35 Washington ke Abu Dhabi adalah bagian dari perjanjian normalisasi Israel-Uni Emirat Arab. Para pejabat tinggi AS telah mengakui bahwa mereka sedang dalam pembicaraan dengan Abu Dhabi mengenai kesepakatan senjata dan bahwa kesepakatan Israel-UEA membuat penjualan seperti itu lebih mungkin terjadi.

Namun, baik Washington maupun Abu Dhabi telah menegaskan bahwa perundingan masing-masing dimulai jauh sebelum upaya normalisasi diluncurkan.

Terlepas dari itu, menurut laporan Walla, pejabat di UEA yang terlibat dalam masalah ini mendapat kesan bahwa Netanyahu akan menghindari berbicara di depan umum menentang kesepakatan itu, terlepas dari apakah dia menentangnya secara pribadi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)