Senjata Nuklir Pemusnah Umat Manusia tapi Diberkati Gereja Rusia, Ini Alasannya

Senin, 12 Agustus 2024 - 09:19 WIB
loading...
Senjata Nuklir Pemusnah...
Senjata nuklir memiliki daya untuk memusnahkan umat manusia, namun diberkati oleh Gereja Ortodoks Rusia. Foto/Alexei Pavlishak/TASS
A A A
MOSKOW - Gereja Ortodoks Rusia mengakui senjata nuklir memiliki daya yang bisa memusnahkan umat manusia, namun mereka memberikan pemberkatan pada senjata maut itu.

Imam Agung Gereja Ortodoks Rusia Konstantin Tatarintsev memberikan penjelasan mengapa pemberkatan kepada senjata mengerikan semacam itu dimungkinkan.

"Menguduskan sesuatu yang menabur kematian biasanya dianggap tidak dapat diterima," kata Tatarintsev, yang merupakan wakil kepala pertama Departemen Sinode untuk Angkatan Bersenjata dan Layanan Penegakan Hukum.



"Namun, senjata nuklir juga merupakan senjata pengekangan," lanjut dia, seperti dikutip dari RIA Novosti, Senin (12/8/2024).

Menurutnya, tujuan senjata nuklir Moskow adalah untuk memastikan bahwa tidak ada negara lain yang memiliki senjata tersebut dapat menggunakannya untuk melawan Rusia.

"Ini adalah jaminan perdamaian," katanya.

“Memberkati senjata bukan agar senjata itu digunakan untuk tujuan yang ditentukan, tetapi agar senjata itu memiliki efek [penahanan] dan menjamin perdamaian sepenuhnya dapat diterima,” imbuh dia.

Imam Gereja Ortodoks itu juga menyatakan harapannya agar senjata nuklir tidak akan pernah digunakan. "Karena itu berarti penghancuran diri, kegilaan. Itu tidak dapat diterima oleh pihak mana pun dalam suatu konflik," paparnya.

Menurut Tatarintsev, doa yang digunakan untuk memberkati senjata sudah ada sejak Abad Pertengahan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1231 seconds (0.1#10.140)