alexametrics

Pemimpin G7 Sepakati Aksi Bersama Terhadap Iran

loading...
Pemimpin G7 Sepakati Aksi Bersama Terhadap Iran
Presiden Prancis, Emanuel Macron mengatakan, para pemimpin kelompok tujuh atau yang dikenal dengan nama G7, menyepakati aksi bersama mengenai Iran. Foto/Reuters
A+ A-
PARIS - Presiden Prancis, Emanuel Macron mengatakan, para pemimpin kelompok tujuh atau yang dikenal dengan nama G7, menyepakati aksi bersama mengenai Iran. Aksi bersama itu, menurut Macron, adalah mempertahankan jalur komunikasi bersama dengan tujuan untuk mencegah Iran mendapatkan senjata nuklir dan mencegah peningkatan ketegangan regional.

Macron, yang berbicara di sela-sela pertemuan G7, yang berlangsung di kota Biarritz, Prancis mengatakan, komunikasi ini ditujukan agar para pemimpin G7 tetap satu suara mengenai Iran.

"Kami sepakat bahwa kami akan berbicara tentang Iran bersama-sama, ada pernyataan G7 tentang tujuan kami, dan fakta bahwa kami membagikannya sangat penting. Itu membantu untuk menghindari ketidaksepakatan yang melemahkan semua orang," kata Macron.



"Kami semua sepakat dengan dua hal yang jelas, pertama kami tidak ingin Iran memiliki bom nuklir, dan kami tidak ingin eskalasi dan destabilisasi kawasan," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Senin (26/8).

Dia lalu mengatakan, komunikasi ini juga akan memungkinan para pemimpin G7 untuk menyelesaikan perbedaan mengenai Iran secara internal.

Sementara itu, Presiden AS, Donald Trump mengatakan, sejauh ini tidak ada kesepakatan yang diteken para pemimpin G7 mengenai Iran, termasuk di dalamnya kesepakatan untuk terus mempertahankan komunikasi mengenai isu ini.

"Saya belum membahas ini. Tidak, saya belum. Kami akan melakukan pendekatan kami sendiri. Tetapi, Anda tahu, saya tidak bisa menghentikan orang untuk berbicara. Jika mereka ingin berbicara, mereka dapat berbicara," ucapnya.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak