China Mengaku Tak Punya Nuklir Sebanyak AS dan Rusia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 21:04 WIB
China Mengaku Tak Punya Nuklir Sebanyak AS dan Rusia
China Mengaku Tak Punya Nuklir Sebanyak AS dan Rusia
A A A
BEIJING - China mengatakan, mereka saat ini berada di belakang Rusia dan Amerika Serikat (AS) dalam kepemilikan senjata nuklir. Beijing juga mengatakan, China tidak bisa dijadikan alasan bagi Amerika Serikat (AS) untuk membenarkan tindakannya mundur dari perjanjian nuklir dengan Rusia.

Duta Besar China untuk Rusia, Zhang Hanhui mengatakan, tidak masuk akal untuk menunjuk China untuk membenarkan penarikan Washington dari Perjanjian Pasukan Nuklir Jangka Menengah (INF).

"Adapun jumlah senjata nuklir yang dimiliki China, jauh lebih sedikit dari apa yang dimiliki AS dan Rusia. Tidak mungkin itu bisa dibandingkan," kata Zhang dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Tass pada Kamis (22/8).

"Perjanjian INF adalah perjanjian bilateral antara AS dan Rusia yang mencakup lebih dari 90% persenjataan nuklir dunia," sambungnya dan mencatat bahwa China tidak melihat perlunya untuk berpartisipasi dalam proses negosiasi perlucutan senjata nuklir AS-Rusia.

Dia mengatakan AS dan Rusia memikul tanggung jawab khusus untuk pelucutan nuklir dan harus terus mengurangi persenjataan nuklir mereka untuk meletakkan dasar bagi negara-negara lain dengan senjata nuklir untuk bergabung dengan proses pelucutan nuklir multilateral.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4607 seconds (0.1#10.140)