Bendera Merah Hussain Dikibarkan di Iran, Apa Artinya?

Jum'at, 09 Agustus 2024 - 16:45 WIB
loading...
Bendera Merah Hussain...
Iran mengibarkan bendera merah sebagai simbol pembalasan dendam. Foto/agenzia nova
A A A
TEHERAN - Bendera Merah Hussain telah dikibarkan oleh Iran, tidak lama setelah kematian Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh.

Lantas apa makna pengibaran bendera merah ini? Apakah terkait dengan pembalasan dendam?

Pengibaran bendera merah Hussain ini bukanlah kali pertama dilakukan di Iran. Peristiwa pengibaran bendera ini sebelumnya sempat terjadi di tahun 2020, ketika petinggi militer mereka Mayor Jenderal Qassem Soleimani tewas dalam serangan Amerika Serikat (AS).

Bendera merah ini memiliki artinya tersendiri, di mana warna merah dalam bendera tersebut berarti merepresentasikan darah yang tertumpah secara tidak adil.

Merah juga adalah salah satu warna bendera nasional Iran yang memiliki arti keberanian. Jika kedua makna tersebut disatukan maka terciptalah arti "semangat dan berani untuk membalas dendam".

Dalam bendera itu sendiri terdapat tulisan “Ya Litharat al-Hussein” (Ya para penuntut balas Hussein) cucu dari Nabi Muhammad SAW yang terbunuh dalam pertempuran berdarah di Karbala.

Arti Pengibaran Bendera Merah Hussain


Dari berbagai pemaknaan, baik terkait warna ataupun tulisan yang berada di bendera merah Hussain, mengartikan jika pengibaran bendera ini mengartikan semangat kuat Iran untuk membalas dendam.

Balas dendam disini berarti terkait dengan kematian Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh yang terbunuh di Teheran. Kematiaannya ini diduga kuat didalangi oleh Israel.

Dalam hal ini, kabar muncul dari Channel 12 Israel melaporkan bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah diberikan keamanan tambahan untuk mengantisipasi tanggapan Iran.

Dikutip dari New Arab, Israel diyakini berada di balik serangan yang menewaskan Haniyeh, yang sangat terlibat dalam negosiasi gencatan senjata dalam perang brutal di Gaza yang telah menewaskan lebih dari 39.000 orang.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)