India Setop Layanan Perjalanan Udara dan Kereta dengan Bangladesh

Selasa, 06 Agustus 2024 - 18:01 WIB
loading...
India Setop Layanan...
Warga India menonton berita TV yang menginformasikan tentang Bangladesh setelah pengunduran diri perdana menteri, di Bangalore, India, 6 Agustus 2024. Foto/EPA-EFE/JAGADEESH NV
A A A
DHAKA - India bersiap menghadapi kemungkinan dampak terburuk dari krisis politik di Bangladesh . Protes mahasiswa besar-besaran atas kuota pekerjaan yang diskriminatif telah memaksa perdana menteri Bangladesh mengundurkan diri dan meninggalkan negara itu.

Indian Railways mengumumkan pada Senin (5/8/2024) bahwa mereka menangguhkan perjalanan lintas batas dengan tetangganya di sebelah timur.

Keputusan tersebut memengaruhi Maitree Express dan Bandhan Express, dua layanan utama yang menghubungkan kedua negara.

Maskapai penerbangan India, termasuk maskapai nasional Air India dan maskapai berbiaya rendah IndiGo, telah membatalkan penerbangan ke dan dari ibu kota Bangladesh, Dhaka.

Pasukan Keamanan Perbatasan meningkatkan kehadirannya di sisi India dari garis sepanjang 4.000 km yang memisahkan kedua negara.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Daljit Singh Chaudhary dan staf seniornya telah berangkat ke Kolkata, ibu kota negara bagian Benggala Barat, yang mencakup lebih dari setengah panjang perbatasan Bangladesh.

“Mereka akan mengarahkan tanggapan India terhadap krisis dari sana,” ungkap badan tersebut.

Polisi di New Delhi telah bersiap menghadapi kemungkinan insiden di sekitar Komisi Tinggi Bangladesh, kedutaan besar negara itu di India.

Ada kekhawatiran gedung yang terletak di distrik diplomatik Chanakyapuri itu dapat menjadi sasaran setelah mantan Perdana Menteri Sheikh Hasina melakukan perjalanan ke India pada Senin.

Pemerintah India telah mendesak masyarakat mempertimbangkan situasi saat membuat rencana perjalanan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)