Sikap Kamala Harris Soal Genosida Israel di Gaza selama Jadi Capres AS 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 12:30 WIB
loading...
Sikap Kamala Harris...
Kamala Harris, calon presiden (capres) dari Partai Demokrat. Foto/EPA-EFE/LESLIE PLAZA JOHNSON
A A A
WASHINGTON - Kamala Harris, calon presiden (capres) dari Partai Demokrat, telah mendesak Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu mengenai situasi kemanusiaan yang "mengerikan" di Gaza dalam pembicaraan yang dia gambarkan sebagai pembicaraan yang jujur.

Harris juga menekankan, "Saya tidak akan diam."

Dalam komentar yang diawasi ketat untuk mencari tanda-tanda perubahan dari pendekatan kebijakan Joe Biden, wakil presiden AS tersebut mengatakan setelah pertemuan tersebut, "Apa yang terjadi di Gaza selama sembilan bulan terakhir sangat menghancurkan. Gambar-gambar anak-anak yang meninggal dan orang-orang yang kelaparan dan putus asa melarikan diri demi keselamatan, terkadang mengungsi untuk kedua, ketiga atau keempat kalinya."

Nah, berikut ini berbagai sikap dan pendapat Harris terkait genosida yang dilakukan Israel di Jalur Gaza:

1. Israel Membela Diri dan Hamas Teroris


Harris mengakui bahwa "Israel memiliki hak untuk membela diri" dan mengecam Hamas sebagai organisasi teroris yang memicu perang dan telah melakukan "tindakan kekerasan seksual yang mengerikan".

Dia menjelaskan bahwa bagaimana Israel membela diri itu penting, seraya menambahkan kemudian, "Kita tidak bisa berpaling dari tragedi ini (di Gaza). Kita tidak bisa membiarkan diri kita menjadi mati rasa terhadap penderitaan dan saya tidak akan diam."

2. Serukan Pembentukan Negara Palestina dan Kesepakatan Damai


Ia menyerukan pembentukan negara Palestina dan agar Netanyahu dan Hamas menyepakati gencatan senjata dan kesepakatan pembebasan sandera untuk mengakhiri perang yang menurutnya telah menyebabkan kematian banyak warga sipil tak berdosa.

"Seperti yang baru saja saya sampaikan kepada Perdana Menteri Netanyahu, sekarang saatnya menyelesaikan kesepakatan ini," katanya.

Beberapa jam sebelumnya, perdana menteri Israel mendapat sambutan yang lebih ramah dari Biden di Ruang Oval, dengan Biden mengatakan, "Dari seorang Zionis Yahudi yang bangga menjadi seorang Zionis Irlandia-Amerika yang bangga, saya ingin mengucapkan terima kasih atas 50 tahun pelayanan publik dan 50 tahun dukungan untuk negara Israel."

Menurut laporan Gedung Putih tentang pertemuan mereka, kedua pemimpin membahas gencatan senjata dan negosiasi penyanderaan "secara terperinci", dan Biden "menyatakan perlunya menutup celah yang tersisa, menyelesaikan kesepakatan sesegera mungkin, membawa pulang para sandera, dan mencapai akhir yang langgeng untuk perang di Gaza".
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)