Ukraina Klaim Rusia Tarik Seluruh Kapal Perangnya dari Laut Azov

Jum'at, 26 Juli 2024 - 09:50 WIB
loading...
Ukraina Klaim Rusia...
Ukraina klaim Rusia telah menarik seluruh kapal perangnya dari Laut Azov di tengah gencarnya serangan pasukan Kyiv. Foto/Kementerian Pertahanan Rusia
A A A
KYIV - Angkatan Laut Ukraina mengeklaim Rusia telah menarik seluruh kapal perangnya dari Laut Azov di tengah meningkatnya serangan dari pasukan Kyiv.

"Tidak ada lagi satu pun kapal perang Rusia di Laut Azov," kata Dmytro Pletenchuk, juru bicara Angkatan Laut Ukraina, dalam sebuah pernyataan di Facebook.

"Sepertinya mereka [Rusia] mulai mencurigai sesuatu," lanjut dia, seperti dikutip Newsweek, Jumat (26/7/2024).

Ukraina telah meningkatkan serangannya terhadap Crimea sebagai bagian dari upaya untuk merebut kembali semenanjung Laut Hitam tersebut, yang dikuasai Moskow sejak 2014.



Pletenchuk mengatakan pada bulan Maret bahwa tujuan akhir Ukraina adalah tidak adanya kapal militer dari Rusia di wilayah Azov dan Laut Hitam.

Selama siaran televisi nasional pada hari Kamis, Pletenchuk mengatakan bahwa Moskow telah menarik seluruh kapal perangnya dari Laut Azov setelah pasukan Kyiv menyerang dan merusak feri Slavyanin milik Moskow di pelabuhan Kavkaz, wilayah Krasnodar, Rusia, pada hari Selasa.

Kapal itu dilaporkan digunakan oleh Rusia untuk mengangkut gerbong kereta api, truk, dan kontainer untuk keperluan militer.

"Hasil hebat lainnya dari upaya terpadu pasukan pertahanan: feri penjajah rusak parah di pelabuhan Kavkaz," kata Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina.

Pelabuhan Kavkaz terletak sekitar 7 mil dari Jembatan Kerch, yang menghubungkan Crimea dengan daratan Rusia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)