Hanya Pilot yang Selamat dari Kecelakaan Pesawat di Nepal

Rabu, 24 Juli 2024 - 21:45 WIB
loading...
A A A
Namun, Kepala Bandara Internasional Tribhuvan mengatakan, penilaian awal menunjukkan pesawat tersebut terbang ke arah yang salah. “Saat lepas landas, ia berbelok ke kanan, [padahal] seharusnya berbelok ke kiri,” kata Niraula kepada BBC Nepali.

Rekaman kejadian menunjukkan pesawat miring di atas landasan sebelum jatuh ke tanah dan terbakar. Dengan cepat diselimuti api dan asap.

Foto-foto menunjukkan petugas penyelamat berjalan melewati reruntuhan, dengan sebagian besar pesawat menghitam dan hangus. Foto-foto setelah kejadian juga menunjukkan bagian-bagian pesawat di dalam kontainer angkutan udara.

Mobil pemadam kebakaran dan ambulans dikerahkan ke lokasi setelah kejadian tersebut. Tujuh belas dari mereka yang meninggal adalah warga Nepal, sementara satu orang adalah warga negara Yaman yang bekerja sebagai insinyur.

“Pesawat itu dijadwalkan menjalani perawatan selama satu bulan mulai Kamis… Tidak jelas mengapa pesawat itu jatuh,” kata kepala pemasaran Saurya Airlines, Mukesh Khanal, seperti dilaporkan kantor berita Reuters.

Bandara Kathmandu ditutup sementara setelah kecelakaan itu, namun dibuka kembali dalam beberapa jam.

Nepal telah dikritik karena catatan keamanan udaranya yang buruk. Pada bulan Januari 2023, setidaknya 72 orang tewas dalam kecelakaan Yeti Airlines yang kemudian dikaitkan dengan pilotnya yang secara keliru memutus aliran listrik.

Itu adalah kecelakaan udara paling mematikan di Nepal sejak tahun 1992, ketika seluruh 167 orang yang berada di dalam pesawat Pakistan International Airlines tewas ketika pesawat tersebut jatuh saat mendekati Bandara Kathmandu.

Saruya Airlines mengoperasikan penerbangan ke lima tujuan di Nepal, dengan armada tiga jet Bombardier CRJ-200, menurut situs web perusahaan.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)