Balon Sampah Korea Utara Jatuh di Kompleks Kepresidenan Korea Selatan

Rabu, 24 Juli 2024 - 17:22 WIB
loading...
Balon Sampah Korea Utara...
Balon sampah Korea Utara jatuh di kompleks kepresidenan Korea Selatan. Foto/EPA
A A A
SEOUL - Balon-balon pembawa sampah yang dikirim oleh Korea Utara menghantam kompleks kepresidenan Korea Selatan pada Rabu (24/7/2024). Itu mendorong Seoul untuk memobilisasi tim tanggap kimia dalam perang propaganda saling balas yang semakin meningkat.

Ini adalah pertama kalinya kantor pemimpin Korea Selatan di pusat kota Seoul, yang dilindungi oleh sejumlah tentara dan zona larangan terbang, terkena dampak langsung dari ribuan balon pembawa sampah yang diluncurkan oleh Pyongyang sejak bulan Mei.

“Tim tanggap kimia, biologi, dan radiologi (perang) telah mengumpulkan balon sampah dengan aman,” kata dinas keamanan kepresidenan kepada AFP.

“Setelah diselidiki, hasilnya memastikan bahwa tidak ada bahaya atau kontaminasi pada benda tersebut,” katanya.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan sebelumnya mengkonfirmasi bahwa Korea Utara sekali lagi mengirimkan balon pembawa sampah, sementara pemerintah kota Seoul juga mengeluarkan peringatan pada Rabu pagi.

“Jika Anda menemukan balon yang jatuh, jangan menyentuhnya, dan laporkan ke unit militer atau kantor polisi terdekat,” katanya.

Menurut kantor berita Yonhap, kantor kepresidenan telah memantau balon tersebut secara real time, dan mengetahui secara pasti di mana balon tersebut akan mendarat.

“Sulit untuk menanganinya di udara karena kita tidak tahu isi balon tersebut,” kata seorang pejabat kepresidenan, Yonhap melaporkan.

“Tidak akan ada perubahan dalam kebijakan kami untuk mengumpulkannya setelah benda-benda tersebut jatuh.”

Militer menahan diri untuk tidak menembak jatuh balon-balon tersebut karena khawatir isinya dapat menyebar lebih jauh dan menyebabkan lebih banyak kerusakan, kata Yonhap.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1879 seconds (0.1#10.140)