Khamenei: Iran akan Terus Kurangi Komitmen Terhadap Kesepakatan Nukli

Selasa, 16 Juli 2019 - 23:09 WIB
Khamenei: Iran akan Terus Kurangi Komitmen Terhadap Kesepakatan Nukli
Khamenei: Iran akan Terus Kurangi Komitmen Terhadap Kesepakatan Nukli
A A A
TEHERAN - Pemimpin tertinggi spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengatakan bahwa Teheran akan terus mengurangi komitmennya berdasarkan kesepakatan nuklir 2015. Alasanya, ungkap Khamenei, Eropa tidak memenuhi komitmen mereka terhadap kesepakatan tersebut.

Khamenei mengatakan, Eropa membuat banyak sekali komitmen dibawah kesepakatan tersebut, namun tidak ada satupun yang dipatuhi. Hal ini, papar Khamenei, berbanding terbalik dengan yang dilakukan Iran.

"Menurut Menteri Luar Negeri kami, Eropa membuat 11 komitmen, tidak ada yang mereka patuhi," kata Khamenei dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Selasa (16/7).

"Kami mematuhi komitmen kami dan bahkan melampaui mereka. Sekarang kami mulai mengurangi komitmen kami, mereka menentangnya. Betapa kurang ajarnya! untuk mematuhi komitmen Anda!" tegasnya.

Sementara itu, sebelumnya Menteri Luar Negeri Uni Eropa (UE), Frederica Mogherini mendesak Iran untuk kembali sepenuhnya mematuhi kesepakatan nuklir 2015.

"Kami meminta Iran untuk membalik (langkah-langkah) mereka dan kembali mematuhi secara penuh kesepakatan. Saya ingin menegaskan tentang itu, kami ingin melihat Iran kembali ke kepatuhan penuh seperti yang terjadi pada tahun-tahun ini," kata Mogherini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4426 seconds (0.1#10.140)