Ingin Terbang Keliling Dunia, Pria Ini Buat Pesawat Sendiri di Kebun Rumahnya

Sabtu, 20 Juli 2024 - 16:05 WIB
loading...
Ingin Terbang Keliling...
Untuk keliling dunia, pria Inggris ini memilih membuat pesawat sendiri. Foto/CNN
A A A
LONDON - Baru setelah ia pindah ke dekat sebuah lapangan terbang di Inggris lebih dari satu dekade yang lalu, insinyur mesin Ashok Aliseril Thamarakshan mulai secara serius mempertimbangkan untuk belajar menerbangkan pesawat .

Dia pertama kali merasakan terbang beberapa tahun kemudian, ketika istrinya Abhilasha membelikannya pengalaman terbang selama 30 menit untuk ulang tahunnya.

Aliseril, yang tinggal di Essex, Inggris, mengikuti beberapa pelajaran terbang di lapangan terbang setempat dan terbang ke Pulau Wight, sebuah pulau di lepas pantai selatan Inggris, pada sesi pertamanya.

“Hal ini cukup membuka mata tentang bagaimana (terbang) memberi Anda kebebasan untuk pergi ke berbagai tempat jika Anda memiliki kemampuan tersebut, dan akses ke pesawat,” katanya kepada CNN Travel. “Jadi itu benar-benar membuatku ketagihan.”

Aliseril mendapatkan lisensi pilot pribadinya pada tahun 2019 dan segera mulai menyewa pesawat untuk penerbangan jarak pendek.

Namun seiring bertambahnya usia keluarganya – ia dan Abhilasha kini memiliki dua anak perempuan – pesawat dua tempat duduk yang biasanya tersedia untuk disewa pribadi menjadi semakin tidak cocok, dan ia mulai mempertimbangkan gagasan untuk membeli pesawatnya sendiri.

Aliseril sempat mempertimbangkan untuk membeli pesawat yang lebih tua, dan melihat beberapa yang telah dibuat pada tahun 1960an dan 1970an.

Namun, dia merasa tidak nyaman dengan kemungkinan menerbangkan keluarganya dengan pesawat tua yang tidak dia kenal, dan tidak berpikir itu akan menjadi “perjalanan yang nyaman.”

Ingin Terbang Keliling Dunia, Pria Ini Buat Pesawat Sendiri di Kebun Rumahnya

Foto/CNN

Setelah meneliti peralatan pesawat yang dapat dirakit sendiri, ia menemukan sebuah pesawat dengan empat tempat duduk yang diproduksi oleh perusahaan Afrika Selatan, Sling Aircraft, yang memenuhi semua kebutuhan.

Pada Januari 2020, Aliseril terbang ke fasilitas pabrik Sling Aircraft di Johannesburg pada akhir pekan untuk membawa pesawat Sling TSi dalam uji terbang dan sangat terkesan sehingga dia memutuskan untuk membelinya.

“Ini terjadi sebelum adanya Covid, dimana perjalanan masih sangat mudah pada saat itu,” jelasnya. “Saya memesan perlengkapan pertama ketika saya kembali. Dan ketika hal itu terjadi, Inggris sudah menerapkan lockdown penuh.”

Aliseril mengatakan rekan-rekannya, beberapa di antaranya memiliki pengalaman membuat pesawat terbang, awalnya menawarkan bantuan dalam pembuatannya. Namun pembatasan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19, yang saat ini telah menyebar ke seluruh dunia, membuat hal ini tidak mungkin dilakukan.

Tidak terpengaruh, ia membangun sebuah gudang kecil di halaman belakang rumahnya dan merencanakan berbagai tahapan proyek, yang akan dipantau oleh Light Aircraft Association, sebuah badan perwakilan Inggris yang mengawasi konstruksi dan pemeliharaan pesawat buatan dalam negeri, berdasarkan persetujuan dari Otoritas Penerbangan Sipil Inggris (CAA).

Aturan untuk pesawat buatan amatir sedikit berbeda dari satu negara ke negara lain. Di AS, Federal Aviation Administration (FAA) memiliki kategori kelaikan udara eksperimental di mana sertifikat kelaikan udara khusus dapat diterbitkan untuk pesawat kit-built.

Pesawat buatan amatir di Inggris diselidiki oleh CAA, yang akan mengeluarkan “Izin Terbang” setelah yakin bahwa pesawat tersebut layak untuk terbang.

Meskipun permulaan pembangunan sedikit tertunda karena pembatasan Covid-19 yang berlaku di Inggris pada saat itu – inspektur Asosiasi Pesawat Ringan yang ditugaskan untuk proyek tersebut diharuskan mengunjungi ruang kerjanya terlebih dahulu – Aliseril dapat memulainya pada bulan April 2020.

Meskipun ia mencatat bahwa latar belakang tekniknya membantu dalam beberapa hal, ia yakin bahwa pengalaman perbaikan rumahnyalah yang terbukti paling berguna saat membangun pesawat, yang memiliki panjang 7,175 meter dan tinggi 2,45 meter.

“Peralatan pesawat ini dirancang untuk dibuat oleh amatir mana pun, asalkan Anda sedikit berpengalaman dan memiliki pengalaman bekerja dengan beberapa peralatan khusus,” tambahnya, menjelaskan secara rinci “petunjuk jenis furnitur Ikea” dengan gambar yang disertakan. dengan perlengkapannya.

“Menurut saya secara umum, siapa pun bisa terlibat dalam pembangunan semacam ini.”

Aliseril menyelesaikan pekerjaannya sendiri, menyusun Abhilasha untuk membantu beberapa bagian yang membutuhkan lebih dari sepasang tangan. Putri sulung mereka, Tara, kini berusia sembilan tahun, siap melakukan tugas-tugas seperti mengeluarkan plastik dari setiap komponen.

Pada akhir musim panas 2020, Aliseril telah membuat ekor dan sayap. Dia mulai membangun bagian badan pesawat pada bulan Oktober, ketika bagian berikutnya dari perlengkapan tersebut tiba.

Meski awalnya berencana menyewa bengkel untuk membuat pesawat, Aliseril merasa membuat ruang kerja di rumahnya adalah pilihan yang lebih baik.

“Saya bisa masuk ke dalam gudang dan mengerjakannya,” katanya. “Jadi menempatkan semuanya di halaman belakang sangat membantu, meskipun ruangnya sempit.”

Setiap tahap proyek harus ditandatangani oleh seorang inspektur sebelum dia dapat melanjutkan ke tugas berikutnya – Asosiasi Pesawat Ringan menyelesaikan total sekitar 12 inspeksi.

Setelah sebagian besar komponen selesai dibangun, dan tiba waktunya untuk merakit pesawat, Aliseril memindahkan semuanya dari rumahnya ke hanggar dekat Cambridge untuk perakitan akhir dan penyesuaian mesin. Pesawat tersebut lulus pemeriksaan terakhirnya beberapa bulan kemudian.

Itu adalah salah satu pesawat buatan rumah Sling TSi pertama yang dibangun di Inggris. G-Diya, dinamai menurut nama putri bungsunya, ditandatangani untuk penerbangan pertamanya pada Januari 2022.

Aliseril ingat menunggu di darat dengan cemas saat seorang pilot penguji membawa pesawat yang telah ia habiskan selama 18 bulan untuk terbang ke udara.

“Dia melakukannya sekitar 20 menit, lalu kembali lagi,” katanya. “Itu sangat melegakan. Saya tidak bisa mengangkat kepala untuk melihat apa yang terjadi (selama uji terbang).”

Penerbangan pertama itu sangat penting dalam banyak hal.

Ingin Terbang Keliling Dunia, Pria Ini Buat Pesawat Sendiri di Kebun Rumahnya

Foto/CNN

“Dengan proyek pembangunan ini, semua orang menyebutnya sebagai proyek sampai pertama kali diterbangkan,” jelasnya. “Kalau diterbangkan selalu disebut pesawat terbang. Anda tidak pernah menyebutnya sebagai proyek lagi. Secara psikologis, itu adalah langkah besar.”

Ketika tiba waktunya untuk terbang pertama kali membuat pesawat, Aliseril didampingi oleh pilot penguji berpengalaman lainnya.

Meskipun ia mengaku sangat berhati-hati, pilot penguji “melemparkan pesawat seolah-olah itu adalah mobil balap”.

“Saya merasa sangat gugup, saya tidak ingin memberi tekanan ekstra pada hal itu,” jelas Aliseril. “Tetapi (pilot penguji) benar-benar mendorongnya hingga batasnya. Dan senang rasanya mengalaminya. Saya tahu (pesawat) bisa menangani sebanyak ini.

“Setelah saya mendarat, (pilot penguji) bertepuk tangan dan berkata, ‘Selamat, Anda baru saja mendaratkan pesawat yang Anda buat.’ Itu adalah perasaan yang luar biasa.”

G-Diya yang memiliki jangkauan 1.389 kilometer telah melalui sejumlah uji terbang lanjutan sebelum mendapat izin terbang pada Mei 2022.



Akhir pekan berikutnya, Aliseril terbang bersama istri dan putrinya Diya dan Tara, lima tahun, ke Pulau Wight, di mana mereka naik taksi singkat dari lapangan terbang ke pantai.

“Anak-anak sangat senang,” katanya. “Jadi kebebasan semacam itu. Dan faktanya kami bisa melakukannya pada hari Sabtu dan masih kembali pada jam 4 sore. Itu adalah perasaan yang luar biasa.”

Mereka terus melakukan perjalanan bersama di Inggris, terbang ke Skegness, sebuah kota tepi laut di Inggris timur dan desa Turweston di Buckinghamshire, sebelum Aliseril merasa cukup nyaman untuk membawa mereka lebih jauh.

Paskah lalu, keluarga tersebut, yang mendokumentasikan perjalanan mereka di akun Instagram mereka, fly_home_or_away, melakukan perjalanan ke Bergerac, Prancis, yang digambarkan Aliseril sebagai perjalanan bersama yang “paling berkesan”.

Menurut Aliseril, G-Diya telah terbang lebih dari 300 jam dalam dua tahun terakhir, melakukan perjalanan hingga Norwegia.

Bagi Aliseril, salah satu manfaat utama pesawat ini, selain kebebasan yang diberikan kepadanya dan keluarganya, adalah persahabatan yang ia jalin dengan pilot lain.

Ia selalu menyadari bahwa memiliki pesawat dapat menjadi beban finansial, namun ia mampu menyiasatinya dengan membuat kesepakatan untuk membaginya dengan tiga orang lainnya.

“Untuk mendapatkan izin swasta, dibutuhkan biaya yang cukup besar,” tambahnya, sebelum mencatat bahwa banyak dari mereka yang pernah mengerjakan proyek serupa adalah pensiunan, atau merupakan orang “yang memiliki waktu dan status finansial” untuk mendanai proses tersebut. .

“Saya sudah mengetahuinya sejak awal, dan berpikir saya akan mengambil risiko itu dan mencoba melakukannya sendiri,” katanya. “Saya tahu bahwa setelah hal itu selesai, saya akan dengan mudah menemukan orang yang bersedia menanggung biaya tersebut. Dan itu berjalan cukup baik (bagi saya).”

“Ini menjadi hal yang komunal,” katanya. “Anda selalu memiliki seseorang untuk terbang bersama jika keluarga Anda tidak ada. Selain itu, memiliki pilot lain yang berteman – Anda belajar satu sama lain.”

Kini, karena pesawat tersebut dibagi rata untuk empat orang, “kita hanya perlu membayar harga sebuah SUV,” tambah Aliseril.

“Lebih hemat bahan bakar di udara – hanya membutuhkan sekitar 20 liter bahan bakar tanpa timbal per jam penerbangan,” katanya. “Jadi biaya bahan bakarnya hampir sama dengan biaya mengemudi.”

Adapun biaya pembuatannya, menurut Aliseril, harga perangkat tersebut sekitar £80,000 (sekitar $91,000), sementara biaya tambahan termasuk avionik, serta mesin Rotax, baling-baling, dan perlengkapan lainnya, membuat total biayanya mencapai sekitar £180.000 (sekitar $203.000).

Tidak ada ruang hanggar di lapangan terbang dekat rumahnya, sehingga Aliseril memutuskan untuk membangun hanggar baru untuk pesawat di lapangan terbang Essex. Gantungan baru selesai dibangun pada awal tahun 2023.

Aliseril mengatakan ia berharap lebih banyak generasi muda akan mengambil proyek seperti ini di masa depan, dan menunjuk pada kepemilikan pesawat bersama sebagai cara untuk membuat segalanya lebih hemat biaya, serta membentuk koneksi di dunia penerbangan.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)