Apa Respons Negara-negara NATO terhadap Penembakan Donald Trump?

Rabu, 17 Juli 2024 - 15:01 WIB
loading...
Apa Respons Negara-negara...
Calon presiden dari Partai Republik Donald Trump dengan wajah berlumuran darah dibantu Secret Service setelah tembakan selama kampanye di Butler Farm Show, Butler, Pennsylvania, AS, 13 Juli 2024. Foto/REUTERS/Brendan McDermid
A A A
BRUSSEL - Upaya pembunuhan terhadap calon presiden dari Partai Republik Donald Trump mengejutkan dunia. Banyak pemimpin negara memberikan reaksinya setelah insiden itu terjadi.

Para pemimpin negara-negara NATO turut memberikan respons atas kejadian tersebut. Meski Trump dan NATO memiliki perbedaan pandangan dalam beberapa isu, seperti konflik Ukraina, blok keamanan itu tetap mengutuk insiden penembakan tersebut.

Berikut ini berbagai pernyataan para pemimpin NATO terkait penembakan itu:

1. Albania


Perdana Menteri Albania Edi Rama mengatakan di platform media sosial X bahwa "menyedihkan" menyaksikan Trump ditembak saat berpidato di rapat umum dan mendengar seorang peserta kampanye tewas.

"Ini tragedi bagi dunia demokrasi," ujar dia.

2. Kanada


Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan dia "muak" dengan penembakan itu.

"Tidak dapat dilebih-lebihkan, kekerasan politik tidak pernah dapat diterima. Pikiran saya bersama mantan Presiden Trump, mereka yang hadir di acara itu, dan semua orang Amerika," tulis dia.

3. Estonia


Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas mengunggah di X dan mengatakan dia terkejut dengan penembakan itu dan pikirannya bersama para korban. "Kekerasan politik dalam bentuk apa pun tidak dapat dibenarkan," tulis dia.

4. Prancis


Presiden Prancis Emmanuel Macron mendoakan Donald Trump "cepat pulih", menyebut upaya pembunuhan terhadap mantan presiden AS itu "tragedi".

"Ini tragedi bagi demokrasi kita. Prancis turut merasakan keterkejutan dan kemarahan rakyat Amerika,” ujar Macron di platform media sosial X.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)