Protes Wajib Militer, Warga Yahudi Ultra-Ortodoks Bentrok dengan Polisi Israel

Rabu, 17 Juli 2024 - 11:15 WIB
loading...
Protes Wajib Militer,...
Orang-orang Yahudi Ultra-Ortodoks disemprot saat memprotes wajib militer untuk siswa seminari Yahudi Ultra-Ortodoks, di lingkungan Mea Shearim, Yerusalem, Israel. Foto/REUTERS/Ronen Zvulun
A A A
TEL AVIV - Bentrokan antara polisi Israel dan warga Yahudi ultra-Ortodoks terjadi pada Selasa malam (16/7/2024) antara polisi Israel dan Yahudi ultra-Ortodoks yang memblokir jalan raya di Israel tengah untuk memprotes wajib militer mereka.

“Puluhan Yahudi ultra-Ortodoks, atau Haredi, memblokir Jalan Raya 4 di Persimpangan Coca-Cola dekat kota Bnei Brak untuk memprotes wajib militer mereka,” ungkap laporan harian Israel, Yedioth Ahronoth.

Bnei Brak adalah kota di pesisir Mediterania di wilayah Tel Aviv, yang sebagian besar dihuni oleh Yahudi ultra-Ortodoks.

"Sejumlah pengunjuk rasa memblokir jalan, berhadapan dengan polisi, duduk di jalan, mempertaruhkan nyawa mereka, dan menyerang polisi," papar surat kabar itu.

Penyiar publik Israel, KAN, merilis video yang memperlihatkan para pengunjuk rasa memblokir jalan dan beberapa orang duduk di bawah meriam air yang digunakan polisi untuk membubarkan mereka.

Media Israel melaporkan pada Selasa pagi bahwa tentara berencana mulai merekrut pria Haredi mulai Minggu.

Pada Senin malam, pemuda Haredi menyerang satu mobil yang membawa dua perwira tentara Israel di Bnei Brak, melemparkan botol dan meneriakkan "pembunuh".

Selama berbulan-bulan, tentara menghadapi kekurangan personel di tengah perang yang sedang berlangsung di Gaza sejak 7 Oktober, serangan militer di Tepi Barat, dan bentrokan lintas perbatasan dengan kelompok Lebanon, Hizbullah.

Bulan lalu, Mahkamah Agung Israel mengamanatkan perekrutan orang Yahudi Haredi ke dalam tentara dan melarang bantuan keuangan untuk lembaga keagamaan yang siswanya sedang menjalani dinas militer.

Orang Yahudi Haredi berjumlah sekitar 13% dari populasi Israel yang berjumlah sekitar 9,9 juta orang dan tidak bertugas di militer, mendedikasikan hidup mereka untuk mempelajari Taurat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1494 seconds (0.1#10.140)