3 Dampak Insiden Penembakan Donald Trump bagi Pilpres AS 2024, Apa Saja?

Selasa, 16 Juli 2024 - 15:59 WIB
loading...
3 Dampak Insiden Penembakan...
Kandidat presiden dari Partai Republik dan mantan Presiden Donald Trump dibantu petugas keamanan setelah tembakan terdengar selama rapat umum kampanye di Butler Farm Show di Butler, Pennsylvania, 13 Juli. Foto/REUTERS/Brendan McDermid
A A A
WASHINGTON - Insiden penembakan terhadap Donald Trump memberikan efek domino terhadap sejumlah aspek. Salah satunya berkaitan dengan jalannya kontestasi pemilu presiden Amerika Serikat (Pilpres AS) November 2024 mendatang.

Diketahui, sebelumnya Donald Trump ditembak pada Sabtu (13/7/2024) sore saat menggelar kampanye di Butler, Pennsylvania. Trump sendiri masih selamat atas insiden tersebut meski harus mendapat luka pada bagian telinganya.

Setelah insiden penembakan itu, ada beberapa dampak yang muncul bagi jalannya persaingan kandidat Pilpres AS 2024. Berikut ini di antaranya.

Dampak Insiden Penembakan Donald Trump bagi Pilpres AS 2024

1. Elektabilitas Kandidat Berubah


Satu dampak pasti setelah insiden penembakan yang menargetkan Donald Trump adalah berubahnya elektabilitas para kandidat. Bukan hanya Trump yang menjadi korban, namun juga Joe Biden dan John F Kennedy Jr selaku lawan politiknya.

Sebelum insiden tersebut, elektabilitas Trump dan Joe Biden sebenarnya sama kuat dalam Pilpres 2024. Namun, perubahan signifikan sepertinya akan terjadi dalam beberapa waktu ke depan.

Terlepas dari insiden yang hampir melenyapkan dirinya, Trump kini berpotensi mendapat peningkatan suara.

Sebaliknya, Joe Biden yang seharusnya mungkin tidak bersalah harus memutar otak dan mencari cara lain agar suaranya tidak jeblok.

2. Potensi Aksi Serupa


Pemilu AS 2024 dijadwalkan berlangsung pada November mendatang. Artinya, masih ada beberapa bulan sebelum memasuki hari penentuan tersebut.

Sepanjang periode tersebut, para kandidat tentunya masih akan berkampanye dan mencari dukungan. Namun, mereka tampaknya harus lebih waspada mengingat kejadian yang menimpa Trump baru-baru ini.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)