'Deep State' AS Coba Sabotase Pembicaraan Damai Afghanistan

Minggu, 23 Agustus 2020 - 23:40 WIB
loading...
Deep State AS Coba Sabotase Pembicaraan Damai Afghanistan
Ilustrasi
A A A
KABUL - Afghanistan telah membebaskan 80 dari 400 tahanan Taliban yang tersisa sebagai bagian dari kesepakatan damai dengan Amerika Serikat (AS), yang bergantung pada AS untuk menarik semua tentaranya dari negara itu. Namun, "Deep State" AS mungkin mencoba untuk menyabotase kesepakatan itu.

Mark Sleboda, seorang analis hubungan internasional dan keamanan yang berbasis di Moskow, Rusia menuturkan, harus diingat bahwa pemerintah Afghanistan yang dipasang AS tidak pernah menyetujui pembicaraan penarikan yang dilakukan AS dengan Taliban.

(Baca: Presiden Afghanistan Tandatangani Dekrit Pembebasan Tahanan Taliban )

“Mereka tidak pernah setuju untuk pembebasan tahanan dan mereka telah menyeret kaki mereka, dan dipaksa oleh AS di setiap langkah. Mereka tidak ingin militer AS mundur dari Afghanistan, mungkin karena mereka takut akan nyawa mereka, seperti pemerintahan yang dipasang Uni Soviet di Afghanistan runtuh beberapa tahun setelah Uni Soviet menarik pasukan mereka sendiri," ucapnya.

"Pada saat yang sama, Anda memiliki kekuatan di dalam pemerintah AS, jika Anda ingin menyebutnya negara bagian, birokrasi yang tidak dipilih, dinas keamanan dan beberapa militer dan pembentukan kebijakan luar negeri, yang juga tidak ingin pasukan AS ditarik dari Afghanistan," sambungnya, seperti dilansir Sputnik.

Dia menuturkan, pihak tersebut tampaknya menyabotase upaya itu secara politis dengan kebocoran anonim ke pers informasi yang meragukan, intelijen yang dipertanyakan dan sebagainya.

(Baca: AS akan Tarik Ribuan Tentara dari Afghanistan )

The New York Times pada bulan Juni melaporkan, mengutip sumber-sumber intelijen AS yang tidak disebutkan namanya, bahwa Rusia membayar militan yang terkait dengan Taliban untuk membunuh tentara Amerika dan pasukan koalisi di Afghanistan. Tuduhan tersebut telah dibantah oleh Rusia, Gedung Putih, Pentagon dan Taliban.

“Kami melihat tuduhan bahwa Rusia telah memberikan hadiah kepada elemen kriminal yang terkait dengan Taliban untuk membunuh tentara Amerika di Afghanistan beberapa minggu lalu," ungkap Sleboda.

"Itu tidak pernah didukung oleh bukti yang kuat. Faktanya, badan intelijen AS secara resmi mengatakan mereka tidak dapat memastikan bahwa ini pernah menjadi hal yang nyata, dan sekarang cerita terbaru adalah bahwa ini seperti terulang, kecuali Iran kali ini," jelasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)