alexametrics

7 Pesawat Tempur Terkuat Sepanjang Masa

loading...
7 Pesawat Tempur Terkuat Sepanjang Masa
Pesawat tempur datang dan pergi dari masa ke masa. Satu hilang, satu lainnya muncul. Seiring waktu, pesawat tempur terus berevolusi menjadi teknologi sangat canggih. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
PESAWAT tempur datang dan pergi dari masa ke masa. Satu hilang, satu lainnya muncul. Seiring waktu, pesawat tempur terus berevolusi menjadi teknologi sangat canggih. Tetapi setiap era memiliki pesawat tempur legendaris tersendiri. Menyambut ulang tahun SINDOnews ke-7, berikut 7 pesawat tempur terbaik sepanjang sejarah.

1. F-22 Raptor


7 Pesawat Tempur Terkuat Sepanjang Masa



Pesawat dengan sebutan "Siluman" ini memiliki kemampuan menghindari deteksi, baik itu visual, audio, sensor, dan gelombang radar. Selain disebut "Siluman", pesawat ini juga mendapat sebutan "pesawat senyap".

F-22 difasilitasi dengan meriam M61A2 Vulcan yang dipasang sebagai persenjataan. Pesawat ini juga memiliki memiliki tiga senjata internal yang mempu membawa beberapa rudal sekaligus. Pesawat ini mampu melaju dengan kecepatan maksimum 2.575 kilometer per jam dan dengan laju jelajah lebih dari 1.825 kilometer.



2. B-2 Spirit

7 Pesawat Tempur Terkuat Sepanjang Masa



Pada dasarnya B-2 Spirit adalah pesawat bomber yang dibekali berbagai macam fitur yang memungkinkannya melakukan stealth alias terbang diam-diam. Kemampuan stealth pada B-2 Spirit ini adalah salah satu yang terbaik.Saat ini, masih belum ada satu radar pun yang bisa menguak keberadaannya ketika terbang di udara. Secara umum pesawat ini mampu mengangkut sekitar 18 ribu kilogram bom.

Kemampuan jelajah pesawat ini adalah 12.000 kilometer. Pesawat satu ini bisa bisa dikatakan sebagai hasil karya AS terbaik sepanjang masa.

3. Sea Harrier

7 Pesawat Tempur Terkuat Sepanjang Masa




Sea Harrier adalah sebuah pesawat tempur, penyerang dan pengawasan verticak Take-Off and Landing /STOVL yang dioperasikan oleh Kerajaan Inggris (Royal Navy). Pesawat ini mulai beroperasi pada April 1980 bersama Angkatan Laut Kerajaan yang dikenal sebagai Sea Harrier FRS1.

Versi terakhir adalah Sea Harrier FA2. Sea Harrier lahir sebagai pengembangan dari pesawat jet tempur Hawker Siddeley Harrier. Jet tempur legendaris tersebut tetap bertugas dalam Angkatan Laut Inggris hingga pada akhirnya pada 2006 jet tempur ini dipensiunkan. Perang Malvinas dan perang Balkan menjadi saksi kehebatan Sea Harrier.

4. F-86 Sabre


7 Pesawat Tempur Terkuat Sepanjang Masa



North American Aviation F-86 Sabre (kadang kala dipanggil Sabrejet) adalah pesawat tempur pengintai kecepatan transonik. F-86 Sabre adalah pesawat legendaris terkenal sejak Perang Korea (1950-1953) dan mendapat sebutan MiG-Killer karena berhasil merontokkan 792 pesawat MiG-15 Uni Soviet dalam 900 kali pertempuran udara dan “hanya” kehilangan 78 unit. Sabre bisa mencapai kecepatan 1.100 kilometer per jam, kemudian bisa berguling, berbelok, dan menukik dengan kecepatan tinggi.

5. B-29 Superfortress


7 Pesawat Tempur Terkuat Sepanjang Masa



Boeing B-29 Superfortress adalah pesawat pengebom berat pengintai (reconnaissance aircraft) sayap rendah (low wing) dengan 4 mesin yang digunakan angkatan perang AS dalam Perang Dunia II. Pesawat ini merupakan pesawat pengebom paling canggih pada masanya. B-29 mampu terbang di ketinggian hingga lebih dari 31,850 ft dengan kecepatan hingga 350mph, di luar jangkauan dari pesawat Jepang dan senjata Anti-Aircraft.

6. P-51D Mustang


7 Pesawat Tempur Terkuat Sepanjang Masa



P-51 Mustang adalah sebuah pesawat petarung jarak jauh buatan pengintai (reconnaissance aircraft) AS. Pesawat ini menjadi salah satu pesawat tempur terbaik pada Perang Dunia II.

Mustang menjadi satu-satunya pesawat buru sergap yang mampu mencapai Berlin Jerman, baik untuk melangsungkan serangan mandiri maupun untuk mengawal pesawat pengebom yang akan menjatuhkan bom di Berlin. Mustang diproduksi ribuan dan digunakan oleh banyak angkatan udara, termasuk Indonesia yang menerimanya sebagai hibah dari Belanda

7. A6M Zero

7 Pesawat Tempur Terkuat Sepanjang Masa



Mitsubishi A6M Zero adalah pesawat tempur jarak jauh yang dioperasikan Angkatan Laut Kekaisaran Jepang dari 1940 hingga 1945. Sekutu menyebutnya "Zero" sejak Jepang mulai memakai pesawat ini pada 1940.

Pesawat ini memiliki kapasitas awak 1 orang dengan panjang 9,06 meter dan rentang sayapnya 12 meter. Tingginya adalah 3,05 meter dan bermesin radial Nakajima Sakae 12, 709 kW. Untuk tenaga maksimumnya, pesawat ini memiliki kecepatan 660 kilometer per jam dengan jangkauan 3,105 kilometer.
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak