Bos Intelijen AS: Jong-un Tidak Siap Lakukan Denuklirisasi

Selasa, 25 Juni 2019 - 10:35 WIB
Bos Intelijen AS: Jong-un Tidak Siap Lakukan Denuklirisasi
Bos Intelijen AS: Jong-un Tidak Siap Lakukan Denuklirisasi
A A A
WASHINGTON - Komunitas intelijen Amerika Serikat (AS) tidak percaya jika Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, siap melakukan denuklirisasi. Hal itu diungkapkan Direktur Badan Intelijen Pertahanan AS, Letnan Jenderal Robert Ashley dalam sebuah wawancara dengan Fox News.

Pertemuan puncak pada bulan Februari antara Kim Jong-un dan Presiden Donald Trump runtuh ketika kedua pemimpin tidak dapat menjembatani perbedaan antara tuntutan AS untuk denuklirisasi dan tuntutan Korut untuk bantuan sanksi.

"Kami masih terus menilai dalam IC (komunitas intelijen) bahwa Kim Jong-un tidak siap untuk melakukan denuklirisasi," kata Ashley seperti dilansir dari Reuters, Selasa (25/6/2019).

Trump berencana akan mengunjungi Korea Selatan (Korsel) akhir pekan ini setelah saling bertukar surat dengan Kim Jong-un mendorong harapan untuk dimulainya kembali perundingan yang bertujuan mengakhiri program nuklir Korut.

Baca Juga: Korut: Kim Jong-un Terima Surat 'Istimewa' dari Trump

Trump dijadwalkan tiba di Korsel untuk kunjungan selama dua hari pada hari Sabtu mendatang. Ia akan bertemu Presiden Korsel Moon Jae-in pada hari Minggu, setelah pertemuan puncak para pemimpin G20 di Jepang, kata juru bicara Moon, Ko Min-jung, pada hari Senin.

Pengumuman itu dikeluarkan beberapa jam setelah Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan ia berharap surat yang dikirim Trump ke Kim Jong-un dapat membuka jalan bagi kebangkitan kembali perundingan yang terhenti sejak KTT yang gagal pada Februari lalu di Vietnam.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3232 seconds (0.1#10.140)