Zelensky: Negara NATO Polandia Bisa Tembak Jatuh Rudal Rusia

Selasa, 09 Juli 2024 - 11:26 WIB
loading...
Zelensky: Negara NATO...
Presiden Volodymyr Zelensky klaim negara NATO; Polandia, bisa tembak jatuh rudal Rusia karena sudah teken perjanjian dengan Ukraina. Foto/Kementerian Pertahanan Rusia via REUTERS
A A A
WARSAWA - Pakta yang baru ditandatangani antara Warsawa dan Kyiv berisi ketentuan yang memungkinkan Polandia menembak jatuh rudal dan drone Rusia di wilayah udara Ukraina.

Hal itu disampaikan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Warsawa pada hari Senin, setelah menandatangani perjanjian keamanan dengan Perdana Menteri Polandia Donald Tusk.

Pemerintah di Kyiv telah membuat perjanjian bilateral dengan negara-negara anggota NATO selama beberapa bulan terakhir, sebagai pengganti bergabung secara resmi dengan blok pimpinan Amerika Serikat (AS) tersebut.



“Perjanjian tersebut menyediakan pengembangan mekanisme [bagi Polandia] untuk menembak jatuh rudal dan drone Rusia yang ditembakkan di wilayah udara Ukraina ke arah Polandia,” kata Zelensky, seperti dikutip Russia Today, Selasa (9/7/2024).

“Warsawa dan Kyiv akan bekerja sama untuk mencari cara bagaimana kita dapat dengan cepat menerapkan poin dalam perjanjian ini,” lanjut dia.

PM Tusk membenarkan adanya ketentuan tersebut namun mengatakan bahwa ketentuan itu hanya menunjukkan perlunya pembicaraan mengenai masalah ini.

“Kita memerlukan kerja sama yang jelas dalam NATO di sini, karena tindakan seperti itu memerlukan tanggung jawab bersama NATO,” ujar PM negara NATO tersebut, menjelaskan bahwa Polandia dan Ukraina berkepentingan untuk mendapatkan “cap” solidaritas internasional terlebih dahulu.

“Kami akan melibatkan sekutu NATO lainnya dalam pembicaraan ini. Jadi kami menganggap masalah ini serius dan terbuka, namun belum selesai,” kata Tusk, menurut Radio RMF24 Polandia.

Zelensky telah meminta NATO untuk menembak jatuh rudal Rusia yang masuk selama beberapa bulan terakhir.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)