Presiden Baru Iran Diyakini Lebih Toleran kepada Barat, Akankan Perang Timur Tengah Mereda?

Minggu, 07 Juli 2024 - 18:29 WIB
loading...
A A A
Pejabat pemerintah hingga Khameni, pemimpin tertinggi, memperkirakan jumlah pemilih akan lebih tinggi ketika pemungutan suara sedang berlangsung, dan televisi pemerintah menayangkan gambar antrean sederhana di beberapa tempat pemungutan suara. Namun, video online menunjukkan beberapa tempat pemungutan suara kosong, sementara survei terhadap beberapa lusin tempat di Teheran menunjukkan lalu lintas sepi dan penjagaan keamanan ketat di jalan-jalan.

Pihak berwenang menghitung ada 607.575 suara yang dibatalkan – yang sering kali merupakan tanda protes dari mereka yang merasa wajib memberikan suara namun menolak kedua kandidat.

Khamenei memuji jumlah pemilih yang hadir pada hari Sabtu meskipun ia menuduhnya sebagai kampanye boikot “yang dirancang oleh musuh-musuh bangsa Iran untuk menimbulkan keputusasaan dan perasaan putus asa.”

“Saya ingin merekomendasikan Dr. Pezeshkian, presiden terpilih, untuk menaruh kepercayaannya kepada Tuhan Yang Maha Pengasih, dan menetapkan visinya pada cakrawala yang tinggi dan cerah,” tambah Khamenei.

“Saya tidak mengharapkan apa pun darinya – saya senang bahwa pemungutan suara ini mengerem kelompok garis keras,” kata pegawai bank Fatemeh Babaei, yang memilih Pezeshkian. “Saya berharap Pezeshkian dapat mengembalikan pemerintahan ke cara yang membuat semua orang bisa merasakan adanya hari esok.”

Taher Khalili, warga Iran keturunan Kurdi yang mengelola toko penjahit kecil di Teheran, memberikan alasan lain untuk tetap berharap saat membagikan permen kepada orang yang lewat.

“Pada akhirnya, seseorang dari kampung halaman saya dan Iran bagian barat berkuasa,” kata Khalili. “Saya berharap dia akan membuat perekonomian lebih baik bagi usaha kecil.”

Kandidat reformis dalam pemilu presiden Iran, Masoud Pezeshkian, mengepalkan tangannya setelah memberikan suara apa adanya.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)