Masoud Pezeshkian Jadi Presiden Baru Iran, Ini Respons Raja Salman Arab Saudi

Minggu, 07 Juli 2024 - 07:08 WIB
loading...
Masoud Pezeshkian Jadi...
Masoud Pezeshkian jadi presiden baru Iran, Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dari Arab Saudi mengucapkan selamat. Foto/WANA via REUTERS
A A A
RIYADH - Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dari Kerajaan Arab Saudi dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman merespons baik terpilihnya Masoud Pezeshkian sebagai presiden baru Iran setelah memenangkan pemilu.

“Pada kesempatan kemenangan Anda dalam pemilihan presiden di Republik Islam Iran, kami dengan senang hati menyampaikan ucapan selamat yang tulus dan harapan terbaik untuk kesuksesan, berharap untuk terus mengembangkan hubungan antara kedua negara dan masyarakat persaudaraan kami, dan melanjutkan koordinasi dan konsultasi untuk meningkatkan perdamaian serta keamanan regional dan internasional,” kata Raja Salman, seperti dikutip dari Saudi Press Agency (SPA), Minggu (7/7/2024).

“Kami mendoakan kesehatan dan kebahagiaan yang baik bagi Anda, dan persaudaraan rakyat Republik Islam Iran, kemajuan dan kemakmuran lebih lanjut,” lanjut Raja Salman.



Putra Mahkota Mohammed bin Salman juga menyampaikan ucapan serupa.

“Kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus dan harapan terbaiknya atas kesuksesan dan kemajuan lebih lanjut bagi negara Anda dan rakyatnya,” katanya, menyoroti keinginan Arab Saudi untuk mengembangkan dan memperdalam hubungan yang mempersatukan kedua negara dan masyarakatnya, serta melayani kepentingan bersama.

Pezeshkian, satu-satunya kandidat reformis Iran dalam pemilihan presiden terbaru, telah bangkit dari ketidakjelasan menjadi presiden kesembilan Republik Islam tersebut.

Dia memenangkan sekitar 53,6 persen suara dalam putaran kedua pemilihan presiden melawan Saeed Jalili yang ultrakonservatif.

Pezeshkian menggantikan posisi Presiden Ebrahim Raisi yang meninggal dalam kecelakaan helikopter pada Mei lalu.

Pada Maret 2023, Iran dan Arab Saudi menandatangani kesepakatan penting yang ditengahi China untuk membangun kembali hubungan setelah bertahun-tahun terlibat persaingan regional.

Sejak itu, para pejabat dari kedua belah pihak terus melakukan pembicaraan untuk meningkatkan hubungan.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)