Koalisi Arab Tembak Jatuh Drone dan Rudal Houthi yang Menuju Arab Saudi

Minggu, 23 Agustus 2020 - 07:58 WIB
loading...
Koalisi Arab Tembak Jatuh Drone dan Rudal Houthi yang Menuju Arab Saudi
Juru bicara Koalisi Arab, Kolonel Turki al-Malki. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Koalisi Arab yang bertempur di Yaman menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak atau drone bermuatan bahan peledak di atas wilayah udara Yaman pada Minggu (23/8/2020) dini hari. Senjata itu diluncurkan oleh pemberontak Houthi dan sedang menuju ke Kerajaan Arab Saudi saat dihancurkan.

Juru bicara Koalisi Arab Kolonel Turki al-Malki mengonfirmasi upaya serangan tersebut sebagaimana dilansir Saudi Press Agency (SPA). Koalisi Arab adalah kelompok negara Arab yang dipimpin Arab Saudi yang melakukan intervensi militer di Yaman sejak 2015.

SPA melaporkan pasukan Koalisi Arab pada hari Sabtu juga menembak jatuh pesawat tak berawak yang sarat bahan peledak dan rudal balistik yang ditembakkan oleh Houthi Yaman ke wilayah selatan Arab Saudi.

Kolonel al-Malki mengatakan rudal yang ditembakkan hari Sabtu menuju kota Jazan di selatan Saudi.(Baca: Dua Rudal dan 6 Drone Houthi Incar Arab Saudi, Semua Ditembak Jatuh )

Serangan lintas batas oleh pasukan Houthi telah meningkat sejak akhir Mei, ketika gencatan senjata yang dipicu oleh pandemi virus corona berakhir. Houthi yang dianggap sebagai sekutu Iran ingin menggulingkan pemerintah Presiden Yaman Abed Rabbou Mansour Hadi yang didukung Koalisi Arab.

Pada Kamis malam, pasukan Koalisi juga menembak jatuh drone bermuatan bom dan rudal balistik yang menuju Kerajaan Arab Saudi. Menurut al-Malki pesawat tak berawak tersebut diluncurkan oleh milisi Houthi dari Ibu Kota Yaman, Sanaa, dan hendak menargetkan warga sipil di wilayah selatan Saudi.

Sebelumnya pada hari Senin, milisi Houthi meluncurkan proyektil militer dari dalam wilayah Yaman menuju desa perbatasan di Wilayah Jazan di Arab Saudi . Menurut Otoritas Pertahanan Sipil, proyektil itu merusak dua rumah yang bersebelahan dan satu kendaraan tetapi tidak ada korban jiwa atau pun korban cedera.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)