Meski Dinilai Lemah dan Terancam Kalah, Joe Biden Tetap Ngotot Jadi Capres

Kamis, 04 Juli 2024 - 08:23 WIB
loading...
Meski Dinilai Lemah dan Terancam Kalah, Joe Biden Tetap Ngotot Jadi Capres
Joe Biden diprediksi kalah pada pemilu presiden 2024. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berjanji untuk tetap ikut dalam pemilihan presiden 2024.

Itu ditegaskan dalam pembicaraan telepon dengan staf kampanye dan pertemuan dengan anggota parlemen dan gubernur dari Partai Demokrat pada Rabu (4/7/2024), ketika ia berusaha untuk mengabaikan seruan agar Biden mundur setelah kepemimpinannya yang goyah.

Biden menelepon anggota tim kampanyenya yang khawatir dan mengatakan kepada mereka bahwa dia tidak akan pergi ke mana pun, menurut dua sumber yang mengetahui panggilan tersebut.

"Tidak ada yang mendorong saya keluar. Saya tidak akan pergi. Saya akan ikut serta dalam perlombaan ini sampai akhir," kata Biden. Itu disampaikan dalam email terpisah dari tim kampanyenya, dan mendesak para pendukungnya untuk "memberikan beberapa dolar" untuk membantu mengalahkan Donald Trump dalam pemilihan presiden 5 November.

Presiden bertemu secara virtual dan langsung dengan 24 gubernur Partai Demokrat dan wali kota Washington, D.C., pada Rabu malam untuk meyakinkan mereka bahwa dia mampu menjadi pembawa standar bagi partai tersebut setelah kinerja debatnya yang melemah.

Hanya tiga gubernur – para pemimpin New York, Minnesota dan Maryland – yang bertemu dengan wartawan setelahnya, bersumpah untuk mendukung Biden setelah apa yang mereka sebut sebagai diskusi jujur tentang kinerja buruknya dalam debat minggu lalu.

"Presiden selalu mendukung kami. Kami juga akan mendukungnya," kata Gubernur Maryland Wes Moore.

Gubernur Minnesota Tim Walz, ketua Asosiasi Gubernur Demokrat, mengatakan penampilan Biden pada debat Kamis malam melawan mantan Presiden Trump buruk, namun menambahkan bahwa dia merasa Biden layak untuk menjabat.

Kekhawatiran tentang usia dan ketajaman mental Biden meledak setelah debat hari Kamis dengan Trump, di mana presiden bergumam pelan, kadang-kadang kehilangan pemikiran dan, pada satu titik, berbicara tentang mengalahkan Medicare. Presiden mengatakan bahwa dia lelah setelah dua perjalanan ke luar negeri dan Gedung Putih mengatakan dia menderita flu.

Ketika ditanya pada hari Rabu apakah Biden mempertimbangkan untuk mundur, sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan: "Sama sekali tidak."
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0704 seconds (0.1#10.140)
pixels