Bekerja seperti Agen Rahasia, Warga Prancis Ditangkap

Kamis, 04 Juli 2024 - 08:57 WIB
loading...
Bekerja seperti Agen Rahasia, Warga Prancis Ditangkap
Seorang warga negara Prancis, Laurent Vinatier, yang ditangkap di Rusia. Foto/AP
A A A
MOSKOW - Seorang warga negara Prancis , Laurent Vinatier, yang ditangkap di Rusia telah mengaku bersalah atas tuduhan kriminal yang melibatkan pengumpulan informasi secara ilegal mengenai masalah militer di negara tersebut.

Laurent Vinatier ditangkap di ibu kota Rusia pada bulan Juni ketika ketegangan meningkat antara Moskow dan Paris menyusul komentar Presiden Prancis Emmanuel Macron tentang kemungkinan pengerahan pasukan Prancis di Ukraina.

Pihak berwenang Rusia menuduh Vinatier gagal mendaftar sebagai “agen asing” saat mengumpulkan informasi tentang “aktivitas militer dan teknis militer” Rusia yang dapat digunakan untuk merugikan keamanan negara.

Berdasarkan hukum Rusia, pelanggaran tersebut dapat dihukum hingga lima tahun penjara.

Vinatier adalah penasihat Pusat Dialog Kemanusiaan, sebuah organisasi non-pemerintah yang berbasis di Jenewa. Seorang hakim sebelumnya memerintahkan dia untuk ditahan hingga 5 Agustus.

Lembaga riset tersebut mengatakan pada bulan Juni bahwa mereka melakukan “segala upaya untuk membantu rekan kami Laurent,” termasuk dengan membantu mendapatkan perwakilan hukum untuknya.

Dinas Keamanan Federal (FSB) Rusia mengatakan pada hari Rabu bahwa selama kunjungannya ke Moskow, Vinatier “menjalin banyak kontak dengan perwakilan komunitas pakar dan ilmiah,” termasuk ilmuwan politik, sosiolog, ekonom, pakar militer dan pejabat pemerintah.



"Komite Investigasi Rusia mengatakan bahwa mereka telah memeriksa tujuh saksi dengan siapa terdakwa mengadakan pertemuan untuk mengumpulkan informasi di bidang kegiatan militer dan teknis militer," demikian laporan Tass.

Dikatakan pihak berwenang memerintahkan “pemeriksaan forensik linguistik” terhadap rekaman audio pertemuan dan barang elektronik yang disita dari Vinatier. Vinatier mengakui kesalahannya saat diinterogasi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)
pixels