3 Negara dengan Populasi Yahudi Terbesar tapi Bukan Sekutu Israel

Rabu, 03 Juli 2024 - 20:14 WIB
loading...
A A A
Terlebih setelah Argentina dan negara di Amerika Selatan lainnya memberikan dukungan untuk kemerdekaan Palestina pada tahun 1988 silam.

2. Rusia


Rusia menjadi negara dengan populasi Yahudi terbanyak di bawah Argentina, dengan 150.000 penduduknya adalah pemeluk Yudaisme. Meski begitu hubungan antara Moskow dengan Tel Aviv kini tak sehangat sebelumnya.

Hubungan antara Israel dan Rusia sempat membaik secara signifikan sejak awal 2000-an dengan terpilihnya pemimpin Israel yang lebih pro-Rusia; Ariel Sharon.

Namun setelah invasi Rusia ke Ukraina pada tahun 2022, hubungan kedua negara ini mulai memburuk meskipun Israel menjadi salah satu negara yang tidak setuju dengan penjatuhan sanksi terhadap Moskow.

Buruknya hubungan kedua negara ini kemungkinan besar disebabkan oleh Israel yang semakin dekat dengan Barat setelah Perang Gaza yang dimulai Oktober 2023.

3. Brasil


Brasil menjadi negara dengan populasi Yahudi terbesar ke-10, tepat di bawah Australia. Negeri Samba ini memiliki sekitar 90.000 penduduk penganut Yudaisme.

Meski begitu, hubungan antara Brasil dengan Israel tidaklah berjalan baik belakangan ini. Dilansir dari Al Jazeera, Brasil telah memanggil pulang duta besarnya dari Israel dan menyatakan tidak akan menarik kembali pernyataan yang disebut pemerintah Israel sebagai "anti-Semit".

Brasil sendiri menjadi negara yang vokal tentang perang brual Israel di Gaza, mengutuk serangan Zionis terhadap warga sipil dan infrastruktur penting di wilayah kantong Palestina tersebut.

Tidak hanya itu, Brasil juga telah menyerukan pembentukan Negara Palestina dengan perbatasan tahun 1967 dan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)