Rusia Bisa Terseret dalam Perang Israel dan Hizbullah di Lebanon

Sabtu, 29 Juni 2024 - 18:15 WIB
loading...
Rusia Bisa Terseret dalam Perang Israel dan Hizbullah di Lebanon
Anggota Hizbullah membawa rudal tiruan selama prosesi perayaan Ashura di Lebanon selatan. Foto/ALI HASHISHO/REUTERS
A A A
BEIRUT - Pejabat pertahanan dan intelijen Amerika Serikat (AS) khawatir invasi Israel ke Lebanon dapat semakin menyulut sekutu Iran di kawasan tersebut dan memperkuat kerja sama militer Teheran dengan Rusia.

Ketakutan akan apa yang digambarkan oleh pejabat AS saat ini dan mantan pejabat AS kepada Middle East Eye sebagai efek "sekunder" dan "tersier" dari serangan darat Israel terhadap Hizbullah, didorong oleh intelijen AS yang mengklaim Rusia mempertimbangkan meningkatkan dukungannya terhadap apa yang disebut Poros Perlawanan Iran.

“Di Yaman, Presiden Rusia Vladimir Putin telah mempertimbangkan menyediakan rudal jelajah balistik antikapal bagi pejuang Houthi,” ungkap pejabat senior AS pada MEE, mengutip intelijen, dan berbicara dengan syarat anonim untuk membahas laporan sensitif tersebut.

Gagasan tersebut bukanlah hal yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pada November, Wall Street Journal melaporkan kelompok Wagner, paramiliter Rusia, berencana menyediakan sistem pertahanan udara Rusia kepada Hizbullah di Lebanon.

"Jika Israel menyerang di dalam Lebanon, kemungkinan besar hal itu akan mendorong hubungan militer Iran dengan Rusia semakin erat untuk membantu Hizbullah mempertahankan diri," ungkap William Usher, mantan analis senior Timur Tengah di CIA, kepada MEE.

"Rusia mungkin sudah memikirkan bagaimana mereka akan membantu Houthi," ujar dia.

Rusia bersekutu dengan pasukan Iran dan kelompok sekutu yang mendukung Presiden Bashar al-Assad di Suriah.

Pada Januari, pejabat tinggi Timur Tengah Kremlin, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov menerima delegasi Houthi di Moskow.

Mohammed bin Salman Memveto Transfer Senjata


Namun, menyediakan senjata untuk Houthi berpotensi lebih sensitif daripada membantu Hizbullah karena upaya Rusia untuk merayu negara-negara Teluk yang kaya minyak.

Menurut intelijen AS, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman campur tangan untuk menghentikan Putin menyediakan rudal bagi Houthi.

MEE menghubungi Gedung Putih dan Pentagon untuk memberikan komentar tentang intelijen AS tetapi tidak menerima balasan hingga saat berita ini diterbitkan.

Kedutaan Besar Arab Saudi di Washington dan Kementerian Luar Negeri Rusia tidak menanggapi permintaan komentar.

"Putin menghubungi Mohammed bin Salman yang meminta mereka (Rusia) untuk tidak melanjutkan pengaturan tersebut," ungkap pejabat senior AS tersebut kepada MEE.

Pembahasan tersebut dilakukan setelah kunjungan Putin pada Desember ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA), menurut intelijen AS.

Selama pertemuan bulan Desember, Reuters melaporkan Putin dan Mohammed bin Salman sepakat untuk "menghilangkan ketegangan" di kawasan tersebut.

Setiap upaya Rusia menyediakan senjata kepada anggota poros perlawanan Iran yang berperang melawan AS dan sekutunya akan menjadi perubahan haluan.

Moskow dilaporkan telah membeli ribuan pesawat nirawak Iran dan telah memanfaatkan keahlian Republik Islam tersebut untuk memproduksi sendiri versi pesawat nirawak Shahed Iran di dalam negeri.

Rusia juga telah beralih ke Iran untuk rudal balistik permukaan-ke-permukaan, menurut Reuters.

Rudal Jelajah Ada di Daftar Belanja Houthi


Namun Fabian Hinz, ahli rudal balistik dan jelajah di Institut Internasional untuk Studi Strategis, mengatakan antara Houthi dan Rusia, penawaran dan permintaan sama.

Houthi pada umumnya mengandalkan pesawat nirawak dan rudal balistik untuk menyerang kapal.

Persenjataan rudal jelajah mereka berisi model-model yang dibuat berdasarkan produksi Iran. “Dua rudal paling menonjol yang dipamerkan Houthi adalah rudal Quds dan rudal al-Mandeb 2,” ungkap Hinz.

Rudal jelajah pada umumnya lebih lambat daripada rudal balistik, tetapi terbang rendah ke tanah, sehingga lebih sulit dideteksi dan lebih akurat karena dapat diarahkan selama penerbangannya.

Rudal ini sangat cocok untuk menyerang target tertentu seperti kapal. "Jika saya adalah Houthi, rudal jelajah supersonik akan menjadi prioritas utama saya," papar Hinz.

Dia menjelaskan, "Dan Rusia memiliki rudal jelajah antikapal supersonik yang cukup bagus."

Hinz mengatakan Rusia dapat memasok rudal antikapal supersonik Kh-31, yang diluncurkan dari udara tetapi dapat diubah menjadi rudal darat dan telah banyak diekspor, termasuk ke Venezuela dan Yaman sebelum perang saudara.

Rusia Bersorak Kegirangan


Kelompok Houthi mulai menyerang kapal-kapal komersial di Laut Merah pada November dalam apa yang mereka sebut sebagai solidaritas dengan warga Palestina yang terkepung di Gaza.

Serangan mereka menjadi tantangan bagi tujuan pemerintahan Presiden AS Joe Biden untuk mencegah meluasnya perang di Gaza.

Serangan Houthi mereda selama bulan suci Ramadan, tetapi ketika pertempuran antara Hizbullah dan Israel meningkat pada bulan Juni, serangan meningkat.

Tutor, kapal milik Yunani, tenggelam pekan lalu setelah diserang kapal nirawak Houthi yang membawa bom.

Pejabat AS mengatakan kapal-kapal Rusia berada di antara kapal-kapal yang cukup dekat untuk menanggapi panggilan darurat Tutor, tetapi tidak melakukannya.

Juga pada Juni, Houthi menyerang kapal milik Ukraina, memaksanya ditarik ke pelabuhan terdekat.

"Ada hubungan antara perang Rusia di Ukraina dan Laut Merah," ungkap Jenderal Frank Mckenzie, purnawirawan komandan Komando Pusat AS, kepada MEE.

"Putin melihat AS bertanggung jawab atas serangan Ukraina terhadap kapal-kapal Rusia di Laut Hitam. Ada kemungkinan dia melihat tindakan di Laut Merah sebagai balasan," ujar dia.

Rusia melihat meluasnya perang di Timur Tengah sebagai peluang mengenakan biaya kepada AS atas dukungannya terhadap Ukraina, tetapi Kremlin dibatasi oleh hubungan diplomatiknya dengan Teluk dan fokus pada pertempuran di Eropa, menurut mantan pejabat dan analis AS.

Rusia bergantung pada negara-negara Teluk yang kaya minyak untuk menunjukkan bahwa mereka tidak terisolasi di panggung dunia.

UEA telah menjadi tujuan utama bagi entitas Rusia yang ingin menghindari sanksi AS, dan Rusia mendukung langkah Arab Saudi bergabung dengan BRICS sebagai tantangan terhadap tatanan dunia yang dipimpin Barat.

Pada bulan Juni, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan menghadiri pertemuan BRICS di Rusia.

Rusia dan Arab Saudi juga merupakan mitra dalam aliansi energi yang dijuluki OPEC+. Pakar energi mengatakan Arab Saudi telah melakukan sebagian besar upaya berat untuk mendukung harga minyak, dengan menahan produksi, sementara Rusia dan UEA diuntungkan oleh harga yang lebih tinggi dan lebih banyak produksi.

Rusia bergantung pada pendapatan minyak untuk mendanai perangnya di Ukraina.

Arab Saudi dan UEA melancarkan kampanye berdarah melawan Houthi setelah Yaman dilanda perang saudara pada tahun 2014.

Koalisi pimpinan Saudi melancarkan ribuan serangan udara ke Yaman yang gagal mengusir Houthi tetapi mengakibatkan ribuan kematian warga sipil dan krisis kemanusiaan besar.

Houthi menanggapi dengan melemparkan rudal dan pesawat nirawak ke Arab Saudi dan UEA.

"Rusia memiliki hubungan yang sangat baik dengan Saudi di OPEC+," ungkap Patrick Theros, mantan duta besar AS untuk Qatar mengatakan kepada MEE.

Dia menjelaskan, "Dari perspektif Rusia, hal itu membuat Amerika terseret ke dalam perang dengan proksi Iran. Moskow akan bersorak kegirangan, tetapi mereka tidak ingin mengisolasi Riyadh."

Namun, pejabat AS saat ini dan mantan pejabat AS mengatakan jika Israel melancarkan serangan terhadap Hizbullah, hal itu dapat mendorong Rusia mencari cara untuk mendapatkan lebih banyak biaya dari AS.

AS telah mengisyaratkan akan mendukung serangan Israel terhadap Hizbullah dalam beberapa pekan mendatang, MEE mengungkapkan awal bulan ini.

"Rusia tidak ingin mengambil risiko mengasingkan Arab Saudi," ungkap Samuel Ramani, pakar kebijakan luar negeri Rusia di Timur Tengah dan Afrika di Royal United Services Institute, mengatakan kepada MEE.

Dia menekankan, "Namun, serangan Israel terhadap Hizbullah dapat merugikan Iran dan posisi poros perlawanan di Suriah."

Menarik Rusia


Satu-satunya kehadiran angkatan laut Mediterania Rusia adalah di pelabuhan Tartus di Suriah. Rusia sudah mengincar pelabuhan lain di kawasan Timur Tengah.

MEE melaporkan pada Juni bahwa langkah Rusia untuk mengamankan pangkalan angkatan laut Laut Merah di Sudan terus berlanjut.

Houthi telah bersumpah memperluas serangan maritim mereka melampaui Laut Merah ke Mediterania.

Pejabat Houthi telah berjanji tidak menyerang kapal-kapal Rusia. Houthi telah mengandalkan intelijen sumber terbuka yang sederhana dan dukungan Iran untuk menargetkan kapal-kapal, tetapi terkadang menyerang kapal-kapal yang terkait dengan Iran dan bahkan Rusia.

Seperti sekutu Timur Tengah AS lainnya, Israel dan Rusia telah mempertahankan hubungan meskipun terjadi perang di Ukraina.

Namun, hubungan militer Rusia yang semakin dalam dengan Iran telah muncul sebagai titik balik dalam hubungan tersebut.

Pada Kamis, Financial Times melaporkan Israel sedang berdiskusi untuk menyediakan sistem pertahanan udara Patriot AS ke Ukraina, langkah yang kemungkinan akan memperburuk hubungan antara Israel dan Moskow.

Theros, mantan duta besar AS, mengatakan jika AS mendukung serangan Israel terhadap Hizbullah, seperti yang telah diisyaratkan, AS dapat menarik Rusia.

"Pertama, jika Israel menyerang Hizbullah, itu akan membuat kesalahan besar. Namun jika AS mendukungnya, Rusia akan ikut campur," ungkap Theros.

Dia menjelaskan, "Rusia dapat memasok Houthi melalui Iran secara diam-diam, atau menyediakan lebih banyak intelijen. Saya bahkan dapat melihat beberapa orang Rusia yang aneh muncul di Yaman untuk membantu Houthi."

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)
pixels