Pengkritik Putin Tewas Kecelakaan Misterius usai Kecam Tragedi Sukhoi

Jum'at, 10 Mei 2019 - 15:45 WIB
Pengkritik Putin Tewas Kecelakaan Misterius usai Kecam Tragedi Sukhoi
Pengkritik Putin Tewas Kecelakaan Misterius usai Kecam Tragedi Sukhoi
A A A
MOSKOW - Seorang jurnalis Rusia yang blakblakan mengkritik Presiden Vladimir Putin tewas dalam kecelakaan sepeda motor yang misterius. Insiden terjadi hanya beberapa hari setelah dia mengecam pihak berwenang atas tragedi kebakaran dan ledakan pesawat Sukhoi Superjet-100 yang menewaskan 41 orang.

Media pro-pemerintah Rusia mengklaim jurnalis Sergey Dorenko, 59, meninggal karena sebab alami, meski autopsi belum dilakukan.

Dalam rekaman CCTV, Dorenko, terlihat melaju di jalan kota yang sibuk. Pemimpin redaksi stasiun radio Govorit Moskva itu jatuh dari sepeda motor Triumph barunya, tetapi ia tidak ditabrak kendaraan lain. Dia dinyatakan meninggal di tempat kejadian.

Dorenko dikenal karena kritiknya yang seperti laser terhadap pemerintah Rusia atas penanganan bencana. Baru-baru ini dia mengajukan pertanyaan-pertanyaan aneh tentang tragedi pesawat Sukhoi Superjet-100 milik maskapai Aeroflot pada hari Minggu di Moskow yang menewaskan 41 orang.

Dia pernah dipecat pada tahun 2000 sebagai presenter utama di saluran utama yang dikelola pemerintah Rusia setelah mengkritik Putin atas dugaan kebohongan terkait tragedi kapal selam Kursk, di mana 118 awaknya tewas.

Wartawan terkemuka itu termasuk yang pertama mengungkap bahwa ada banyak korban jiwa setelah pesawat Sukhoi Superjet-100 terbakar ketika mendarat darurat di Moskow. Laporan awal menyatakan bahwa semua orang telah berhasil mengevakuasi dari pesawat yang terbakar.

Dia mengecam pihak berwenang karena tidak mengandangkan pesawat yang bermasalah tersebut. Secara khusus, dia menyerang upaya untuk menyalahkan kru atas tragedi, di mana masalah teknis dengan pesawat Sukhoi dijadikan sasaran kesalahan.

"Saya melihat banyak keributan di sekitar pesawat yang terbakar. Dan saya pikir keributan ini teduh. Waktunya telah tiba untuk menyelesaikannya," katanya ketika mengomentari tragedi Sukhoi.

“Kami membutuhkan evaluasi yang masuk akal tentang apa yang terjadi di bandara Sheremetyevo," lanjut dia.

"Kami membutuhkan fakta yang tajam, hubungan yang kuat antara alasan dan konsekuensi, kebenaran tentang kecelakaan atau kesalahan sistematis," paparnya.

"Apakah saya benar? Namun sejauh ini kita hanya melihat emosi, histeria dan upaya untuk mendorong kepala seseorang ke dalam toilet," kritik Dorenko.

“Sebagai contoh, sangat aneh bahwa perwakilan perusahaan Sukhoi Civil Aircraft bergabung dengan komisi investigasi (ke dalam bencana penerbangan)," sambung dia.

“Itu berarti partisipasi pihak-pihak yang berkepentingan dalam investigasi. Ini adalah penyelidikan yang hancur sejak awal."

Dia bertanya-tanya kepada pihak berwenang; "Apakah Anda pikir kami idiot? Berhenti berjudi, sialan. Kita berbicara tentang kepercayaan dalam penerbangan kita."

"Sukhoi dan Aeroflot, berhentilah menutupi kebrengsekanmu, Anda akan merusak sistem dan jatuh bersamanya. Mari, apa kita coba bermain dengan cara yang jujur?," imbuh dia.

Dia juga dengan pedas menyerang pemerintah dan regulator Putin karena tidak mengandangkan Superjet.

Dalam serangkaian posting yang marah di media sosial, dia bertanya; “Apakah Anda tidak peduli dengan orang lain? Anda mengacaukan orang-orang."

Dia menuduh pihak berwenang membiarkan pesawat terbang ketika mereka tahu itu memiliki masalah. "Pesawat itu sangat buruk, itu sudah diketahui sejak awal," katanya, yang dilansir Daily Mirror, Jumat (10/5/2019).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5737 seconds (0.1#10.140)