6 Alasan Siprus Penting bagi Israel Ketika Zionis-Hizbullah di Ambang Perang

Senin, 24 Juni 2024 - 13:35 WIB
loading...
6 Alasan Siprus Penting bagi Israel Ketika Zionis-Hizbullah di Ambang Perang
Siprus menjadi negara yang begitu penting bagi Israel ketika Zionis dan Hizbullah di ambang perang habis-habisan. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Siprus telah diancam akan diserang Hizbullah jika negara itu menjadi pangkalan Israel untuk menyerang Lebanon.

Ancaman itu disampaikan Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah ketika kelompok pro-Iran itu sedang di ambang perang habis-habisan dengan Israel.

Nasrallah mengatakan jika Siprus membuka bandara dan pangkalannya untuk pasukan Israel berarti negara kecil itu akan menjadi target sah.

"Berarti negara tersebut telah menjadi bagian dari perang," katanya.



Dia mengeklaim bahwa Israel mempunyai rencana rahasia untuk menggunakan lapangan udara di Siprus jika pangkalan udaranya dilumpuhkan oleh serangan Hizbullah.

Pemerintah Siprus membantah klaim Nasrallah dan menegaskan negara tersebut tidak akan menjadi bagian dari pihak yang akan berperang.

Terlepas dari situasi yang membuat Israel dan Hizbullah di ambang perang habis-habisan, Siprus memiliki signifikansi strategis yang besar bagi Israel karena beberapa alasan utama.

6 Alasan Siprus Begitu Penting bagi Israel

1. Jarak Geografis yang Dekat


Siprus terletak hanya sekitar 200 km di sebelah barat daya Israel. Jarak ini relatif dekat dan memudahkan komunikasi serta interaksi antara kedua negara.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1097 seconds (0.1#10.140)
pixels