Siapa Mark Rutte? Si Teflon yang Ingin Menjadi Pemimpin Perang Melawan Rusia

Rabu, 19 Juni 2024 - 20:20 WIB
loading...
Siapa Mark Rutte? Si...
Mark Rutte mengincar jabatan sekjen NATO. Foto/AP
A A A
AMSTERDAM - Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte, yang mendapatkan julukan Si Teflon, berambisi memimpin perang melawan Rusia dengan menjadi Sekjen NATO .

Hal ini juga memungkinkan NATO untuk menunjukkan persatuan dan menunjukkan solidaritas terhadap Ukraina yang dilanda perang ketika Presiden AS Joe Biden dan rekan-rekannya bertemu di Washington pada 9-11 Juli. KTT ini untuk memperingati ulang tahun NATO yang ke-75.

Pada pembicaraan di Budapest pekan lalu, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, yang akan mengundurkan diri pada bulan Oktober, mencapai kesepakatan dengan pemimpin Hongaria bahwa negara itu tidak menghalangi rencana NATO untuk Ukraina.

Stoltenberg menerima bahwa Hongaria tidak berkewajiban menyediakan personel atau dana untuk upaya kolektif, tetapi Orbán ingin mendengarnya dari Rutte juga.

NATO mengambil semua keputusannya melalui konsensus, sehingga memberikan hak veto yang efektif kepada salah satu dari 32 negara anggota, termasuk mengenai apakah mereka harus mengambil bagian dalam upaya atau operasi bersama.

Siapa Mark Rutte? Si Teflon yang Ingin Menjadi Pemimpin Perang Melawan Rusia

Foto/AP

Siapa Mark Rutte? Si Teflon yang Ingin Menjadi Pemimpin Perang Melawan Rusia

1. Sangat Anti-Rusia

Siapa Mark Rutte? Si Teflon yang Ingin Menjadi Pemimpin Perang Melawan Rusia

Foto/AP

Kenapa Rutte ingin menjadi pemimpin perang melawan Rusia? Sekretaris jenderal NATO berikutnya akan menghadapi tantangan untuk mempertahankan dukungan sekutu terhadap perjuangan Ukraina melawan invasi Rusia. Dia juga menjaga eskalasi apa pun yang dapat menarik aliansi militer tersebut langsung ke dalam perang dengan Moskow.

Melansir Reuters, dalam dua tahun sejak Rusia melancarkan invasi besar-besaran, Rutte telah menjadi salah satu kekuatan pendorong di belakang dukungan militer Eropa terhadap Ukraina, berulang kali menekankan apa yang dikatakannya sebagai kebutuhan mutlak kekalahan Rusia di medan perang untuk menjamin perdamaian di Eropa.

Di bawah kepemimpinannya baru-baru ini, Belanda telah meningkatkan belanja pertahanan di atas ambang batas 2% PDB yang disyaratkan oleh anggota NATO, menyediakan jet tempur F-16, artileri, drone, dan amunisi ke Kyiv serta berinvestasi besar-besaran pada militernya sendiri.

2. Didukung Hongaria dan Slovakia

Siapa Mark Rutte? Si Teflon yang Ingin Menjadi Pemimpin Perang Melawan Rusia

Foto/AP

Beberapa jam sebelum laporan NOS diterbitkan, Hongaria dan Slovakia telah memberikan dukungan mereka terhadap pencalonan Rutte, sehingga berhasil mengatasi rintangan penting dalam perjalanannya menuju jabatan tertinggi di NATO.

NATO mengambil keputusan berdasarkan konsensus, sehingga setiap kandidat memerlukan dukungan dari 32 negara sekutu. Hanya Rumania, yang Presidennya Klaus Iohannis juga bersaing untuk mendapatkan jabatan tersebut, yang secara resmi masih menentang pencalonan Rutte.

Turki dan Slovakia juga telah mengubah arah terhadap pencalonan Rutte, dimana Turki mengatakan akan mendukungnya pada akhir April dan Slovakia mengumumkan dukungannya pada hari Selasa.

3. Jadi PM Terlama

Siapa Mark Rutte? Si Teflon yang Ingin Menjadi Pemimpin Perang Melawan Rusia

Foto/AP

Rutte menjadi perdana menteri Belanda yang paling lama menjabat pada Selasa, dan pemimpin yang dikenal oleh beberapa orang sebagai “Teflon Mark” karena skandal yang tidak menimpanya tidak menunjukkan tanda-tanda melambat meskipun kerusuhan melanda negaranya. dan popularitas partainya merosot dalam jajak pendapat.

“Ini adalah pekerjaan terhebat di dunia, suatu kehormatan yang luar biasa. Saya harus mengatakan bahwa sekarang ada banyak sekali teka-teki di meja saya, tetapi hal-hal seperti ini memang terjadi,” kata Rutte, dilansir AP.

Teka-teki yang paling utama adalah tujuan pemerintah untuk mengurangi polusi nitrogen yang telah memicu protes kemarahan para petani yang telah menyebabkan kekacauan lalu lintas dalam beberapa pekan terakhir dengan memblokir jalan dan jalan raya dengan traktor, membuang limbah termasuk pupuk kandang dan asbes ke jalan raya, serta membakar tumpukan jerami.


4. Politikus yang Beruntung

Siapa Mark Rutte? Si Teflon yang Ingin Menjadi Pemimpin Perang Melawan Rusia

Foto/AP

Rutte, pemimpin Partai Rakyat untuk Kebebasan dan Demokrasi (VVD) yang berhaluan kanan-tengah, dan ketua koalisi empat partai yang berkuasa, mengatakan dia tidak punya rencana untuk merayakan menjadi perdana menteri terlama, yang dia sebut sebagai “a catatan kaki,” dan mengatakan dia tidak akan berada di negara itu pada hari itu. Meskipun partainya mengalami kemunduran dalam jajak pendapat baru-baru ini, partai ini tetap menjadi partai terbesar dalam lanskap politik Belanda yang terpecah-belah.

"Fragmentasi tersebut membantu Rutte naik ke tampuk kekuasaan dan merupakan salah satu alasan dia tetap menjabat begitu lama – dia sekarang memimpin pemerintahan koalisi keempatnya," – kata ilmuwan politik André Krouwel dari Vrije Universiteit Amsterdam.

Dia mengatakan Rutte memenangkan perebutan kekuasaan di dalam partainya sendiri pada saat kekuatan tradisional dalam politik Belanda – Kristen Demokrat dan Sosial Demokrat – sedang mengalami kemunduran dan tetap seperti itu.

“Pada dasarnya dia menjadi perdana menteri karena kegagalan orang lain, bukan karena prestasinya sendiri – hanya karena orang lain lebih banyak terpuruk dibandingkan VVD,” kata Krouwel dalam wawancara telepon.

5. Mampu Mengalahkan Klaus Iohannis

Siapa Mark Rutte? Si Teflon yang Ingin Menjadi Pemimpin Perang Melawan Rusia

Foto/AP

Sekretaris Jenderal NATO bertanggung jawab untuk memimpin pertemuan dan memandu konsultasi yang terkadang rumit di antara negara-negara anggota untuk memastikan bahwa organisasi yang beroperasi berdasarkan konsensus dapat terus berfungsi.

Rutte adalah kandidat pilihan mayoritas sekutu NATO, termasuk negara-negara anggota besar seperti Amerika Serikat dan Jerman. Awal tahun ini, Turki menyuarakan penolakannya terhadap tawaran Rutte namun mencabut keberatannya pada bulan April.

Kendala terakhir adalah pencalonan Presiden Rumania Klaus Iohannis, yang mendekati akhir masa jabatan lima tahun keduanya sebagai kepala negara, namun para pejabat dan analis yakin hal itu tidak akan menimbulkan masalah besar.

Stoltenberg dipandang memegang kendali NATO selama satu dekade dan mandatnya telah diperpanjang beberapa kali. Biden dan rekan-rekan NATO-nya dijadwalkan menunjuk penggantinya ketika mereka bertemu di Lituania pada Juli 2023, namun tidak ada konsensus yang dapat ditemukan mengenai penggantinya.

“Saya bersungguh-sungguh, Anda luar biasa. Saya hanya berharap Anda memperpanjang masa jabatan Anda 10 tahun lagi,” kata Biden saat bertemu dengan mantan perdana menteri Norwegia di Gedung Putih pada hari Senin.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0911 seconds (0.1#10.140)