Tak Mampu Menghadapi Hamas, Militer Israel Terpaksa Terapkan Jeda Taktis di Gaza

Minggu, 16 Juni 2024 - 14:41 WIB
loading...
Tak Mampu Menghadapi Hamas, Militer Israel Terpaksa Terapkan Jeda Taktis di Gaza
Militer Israel menerapkan jeda taktis karena tak mampu menghadapi pejuang Hamas. Foto/AP
A A A
GAZA - Militer Israel mengatakan pada Minggu (167/2024) bahwa mereka akan mengadakan jeda taktis setiap hari dalam aktivitas militer di bagian selatan Gaza. Itu dikarenakan militer Israel tidak mampu menghadapi perlawanan Hamas.

Selain itu, Israel ingin memberikan waktu yang memungkinkan lebih banyak bantuan mengalir ke daerah kantong tersebut, tempat organisasi bantuan internasional telah memperingatkan akan meningkatnya krisis kemanusiaan.

Militer Israel mengklaim pertempuran di kota Rafah, tempat Israel menargetkan sisa brigade gerakan pejuang Islam Hamas akan terus berlanjut.

Dikatakan bahwa aktivitas militer akan dihentikan mulai pukul 05.00 GMT hingga 16.00 GMT setiap hari hingga pemberitahuan lebih lanjut di sepanjang jalan yang mengarah dari Penyeberangan Kerem Shalom ke Jalan Salah al-Din dan kemudian ke utara.

Sebelumnya, delapan tentara Israel tewas di Jalur Gaza selatan pada Sabtu (15/6/2024). Itu terjadi ketika pasukan terus masuk dan sekitar kota selatan Rafah dan serangan menghantam beberapa wilayah Gaza, menewaskan di setidaknya 19 warga Palestina.

"Para prajurit tersebut, semuanya anggota unit teknik tempur, berada di dalam kapal pengangkut lapis baja yang terkena ledakan yang meledakkan bahan-bahan teknik yang dibawa di dalam kendaraan tersebut, tampaknya bertentangan dengan praktik standar," kata militer Israel. Dikatakan bahwa insiden dini hari di kawasan Tel al-Sultan di sebelah barat Rafah itu sedang diselidiki.

Sayap bersenjata kelompok pejuang Palestina Hamas mengatakan kendaraan tersebut terjebak di ladang ranjau yang telah disiapkan untuk memicu ledakan. Tank-tank Israel maju di Tel al-Sultan dan peluru-peluru mendarat di wilayah pesisir, tempat ribuan warga Palestina, banyak dari mereka telah mengungsi beberapa kali, mencari perlindungan.

Meskipun ada tekanan internasional yang meningkat untuk melakukan gencatan senjata, kesepakatan untuk menghentikan pertempuran masih terasa jauh, lebih dari delapan bulan sejak dimulainya perang pada bulan Oktober, dengan baku tembak lintas batas yang hampir setiap hari dengan pejuang milisi Hizbullah di Lebanon selatan semakin intensif. .

Dalam serangan udara Israel terhadap dua rumah di pinggiran Kota Gaza, warga mengatakan sedikitnya 15 orang tewas. Empat orang lainnya tewas dalam serangan terpisah di wilayah selatan, kata petugas medis.

Militer Israel pada hari Sabtu mengatakan pasukannya di Rafah, kota paling selatan di Gaza, dekat perbatasan dengan Mesir, telah menyita sejumlah besar senjata, baik di atas tanah maupun disembunyikan di jaringan terowongan luas yang dibangun oleh Hamas.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0620 seconds (0.1#10.140)
pixels