Ini Penjelasan Taktik Perang Kompleks yang Jadi Andalan Hamas di Perang Rafah

Sabtu, 15 Juni 2024 - 22:22 WIB
loading...
Ini Penjelasan Taktik Perang Kompleks yang Jadi Andalan Hamas di Perang Rafah
Hamas menggunakan strategi perang kompleks dalam melawan Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Pejuang Palestina menggunakan perang kompleks dalam bertempur dengan tentara Israel di Rafah.

Apa itu taktik perang kompleks?

Pejuang Palestina terus menyerang pasukan Israel yang ditempatkan di sepanjang Koridor Netzarim. Selain itu, mereka juga dua serangan jebakan yang merobohkan sebuah rumah di atas pasukan Israel dalam satu kasus dan merobohkan pintu masuk terowongan di kasus lain, laporan pemantau perang.

Hamas mengatakan pihaknya meledakkan alat peledak rakitan yang “dibawa ke rumah” di lingkungan Zeitoun di Kota Gaza, menimbulkan korban jiwa pada tentara Israel yang berada di dalam, dan juga meledakkan pintu masuk terowongan yang dipasang di sebelah timur daerah yang sama.

"Hamas mengatakan pihaknya mengamati helikopter Israel mengevakuasi tentara dari daerah Zeitoun setelah serangan tersebut," demikian laporan lembaga pemikir pertahanan yang berbasis di AS, Institute for the Study of War (ISW) dan Critical Threats Project (CTP), dilansir Al Jazeera.

Pasukan Israel melaporkan bahwa para pejuang Palestina di Rafah menggunakan bangunan-bangunan yang saling terhubung sebagai “kompleks pertempuran” untuk bergerak cepat melintasi lingkungan sekitar, serupa dengan yang digunakan dalam pertempuran selama beberapa minggu terakhir di kamp pengungsi Jabalia di Gaza utara, ISW/CTP laporan.

Ada juga beberapa “serangan api tidak langsung” yang diluncurkan ke Israel dari Jalur Gaza pada hari Jumat, kata para pemantau.



Sementara itu, lebih dari 76 persen sekolah di Jalur Gaza memerlukan “rekonstruksi penuh atau rehabilitasi besar-besaran” agar dapat berfungsi di masa depan.

Berdasarkan citra satelit yang dikumpulkan pada bulan Mei, penilaian Klaster Pendidikan yang baru menyoroti “lonjakan terus-menerus dalam penargetan langsung sekolah-sekolah” menurut laporan terkini situasi Gaza dari Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0815 seconds (0.1#10.140)
pixels