Profil PM Qatar Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim Al Thani, Anggota Keluarga Raja yang Ahli Ekonomi dan Politik

Jum'at, 14 Juni 2024 - 16:01 WIB
loading...
Profil PM Qatar Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim Al Thani, Anggota Keluarga Raja yang Ahli Ekonomi dan Politik
Perdana Menteri Qatar Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim Al Thani. Foto/REUTERS
A A A
DOHA - Perdana Menteri (PM) Qatar Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim Al Thani telah menjabat sejak 7 Maret 2023 lalu. Dirinya merupakan sosok yang berpengalaman di bidang politik dan ekonomi.

Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim Al Thani atau yang dikenal dengan nama Syekh Muhammad lahir pada 1 November 1980 di Doha, Qatar. Dia adalah bagian dari keluarga kerajaan Qatar sebagai anggota House of Thani.

Profil PM Qatar Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim Al Thani


Syekh Muhammad meraih gelar sarjana di bidang ekonomi dan administrasi bisnis dari College of Business and Economics di Qatar University pada 2003.

Sebagai bagian dari keluarga kerajaan, bukan hal yang sulit baginya untuk mendapat karier mentereng. Di awal karirnya, Sheikh Mohammed bekerja sebagai peneliti ekonomi di Dewan Keluarga Penguasa pada tahun 2003 di mana ia kemudian menjabat sebagai Direktur Urusan Ekonomi dari tahun 2005 hingga 2009.

Pada tahun 2009, Sheikh Mohammed ditunjuk sebagai Direktur Departemen Kemitraan Sektor Publik dan Swasta di Kementerian Bisnis dan Perdagangan dan meluncurkan “Enterprise Qatar”, organisasi yang memberikan dukungan teknis dan keuangan untuk usaha kecil dan menengah.

Dari tahun 2010 hingga 2011, Sheikh Mohammed menjabat sebagai Sekretaris Perwakilan Pribadi Yang Mulia Emir Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani untuk Urusan Tindak Lanjut di Amiri Diwan.

Kemudian di tahun 2011, dirinya ditunjuk menjadi ketua komite eksekutif Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah dan ketua Dewan Direksi Aspire-Katara Investment Company.

Baru di tahun 2013, ia mulai bergabung dengan Kementerian Luar Negeri (Qatar) sebagai Asisten Menteri Luar Negeri Urusan Kerjasama Internasional, setelah mencapai pangkat Wakil Menteri pada tahun sebelumnya.

Setahun berselang, dirinya mendapat jabatan baru sebagai anggota Dewan Tertinggi Urusan Ekonomi dan Investasi Qatar (SCEAI).

Setelah kurang lebih tiga tahun menjabat sebagai asisten, Syekh Muhammad akhirnya diangkat menjadi Menteri Luar Negeri pada tahun 2016.

Sebelum menjabat sebagai PM Qatar pada tahun 2023, Syekh Muhammad terlebih dahulu menduduki posisi Wakil Perdana Menteri Qatar dari tahun 2017 hingga 2023, Ketua Otoritas Investasi Qatar dari tahun 2018 hingga 2023.

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1911 seconds (0.1#10.140)
pixels