Menhan Slovakia: Mengirim Jet Tempur ke Ukraina Adalah Pengkhianatan

Kamis, 13 Juni 2024 - 14:04 WIB
loading...
Menhan Slovakia: Mengirim Jet Tempur ke Ukraina Adalah Pengkhianatan
Menteri Pertahanan Slovakia Robert Kalinak menuduh pendahulunya melakukan pengkhianatan karena mengirim jet tempur ke Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
BRATISLAVA - Menteri Pertahanan (Menhan) Slovakia Robert Kalinak menuduh pendahulunya melakukan pengkhianatan karena mengirim jet tempur ke Ukraina.

Kalina pada hari Rabu mengumumkan bahwa dia telah mengajukan tuntutan pidana mengenai masalah tersebut.

“Melemahkan Angkatan Bersenjata dengan cara ini, bertentangan dengan konstitusi, tidak dapat digambarkan dalam kamus politik kita sebagai pengkhianatan,” kata Kalinak dalam komentarnya yang dilansir iROZHLAS, Kamis (13/6/2024).

Slovakia merupakan negara NATO. Namun sejak pemerintah baru berkuasa tahun 2023, negara itu menolak untuk memasok senjata ke Ukraina.

“Saya tidak tahu apakah itu secara hukum merupakan kejahatan, tapi dia adalah orang yang mengkhianati nilai-nilai nasional," lanjut dia merujuk pada pendahulunya, Jaroslav Nagy.



Kalinak mengajukan tuntutan pidana terhadap Nagy, yang saat menjabat sebagai menteri pertahanan dari Maret 2020 dan Mei 2023 telah mengirim beberapa jet tempur MiG-29 ke Ukraina untuk membantu negara tersebut menangkis invasi skala penuh Rusia.

Pada saat itu, Nagy mengatakan jet tempur era Soviet “tidak dapat digunakan” untuk negaranya dan oleh karena itu adalah “hal yang benar” untuk memberikannya kepada Ukraina.

Ketika Kalinak mulai menjabat pada Oktober 2023 sebagai bagian dari pemerintahan baru Perdana Menteri Robert Fico, Slovakia mengatakan tidak akan lagi mengirim senjata ke Ukraina dari persediaan militernya sendiri, meskipun masih mengizinkan penjualan senjata komersial.

Nagy menanggapi tuduhan Kalinak dengan mengatakan bahwa semua pertimbangan hukum telah dipertimbangkan sebelum penandatanganan kesepakatan penyerahan jet tempur tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)
pixels