alexametrics

Soal Latihan Militer NATO, Rusia: Terima Kasih, Kalian Sangat Membantu

loading...
Soal Latihan Militer NATO, Rusia: Terima Kasih, Kalian Sangat Membantu
Pembom strategis Tu-160 dengan pengawalan jet tempur Su-27 Rusia berpatroli di Laut Hitam bersama-sama. Foto/Istimewa
A+ A-
MOSKOW - Angkatan Laut Rusia melakukan manuver di Laut Hitam ketika beberapa negara NATO berkumpul untuk melakukan latihan Sea Shield 2019. Militer Rusia pun mengucapkan terima kasih pada blok itu karena membuat militer mereka lebih terlatih.

Layanan pers Armada Laut Hitam Rusia mengatakan kapal-kapal perangnya secara aktif telah berlatih di tengah latihan NATO yang dipimpin oleh Rumania, yang berakhir pada Sabtu kemarin.

"Pelatihan tempur rutin sedang berlangsung di tengah latihan Sea Shield 2019 dari pasukan angkatan laut NATO, yang telah menjadi bantuan yang baik bagi Armada Laut Hitam untuk mengasah keterampilannya dalam situasi pertempuran nyata," katanya seperti dikutip dari Russia Today, Minggu (14/4/2019).



Militer Rusia juga telah merilis banyak video, menunjukkan manuvernya. Marinir masuk dan turun dari kapal pendaratan dermaga Azov, mengasah keterampilan mereka dalam melakukan serangan maritim di pantai yang tidak dikenal.

Seperti Angkatan Laut, unit darat Rusia tidak duduk diam. Sementara kapal-kapal NATO aktif di Laut Hitam, awak Rusia Bastion dan peluncur rudal anti-kapal Bal juga berlatih.

Angkata Udara Rusia juga aktif, dengan pembom strategis Tu-160 dengan pengawalan jet tempur Su-27 berpatroli di Laut Hitam bersama-sama.

Sementara militer mungkin terdengar sinis ketika mengatakan "berterima kasih" kepada NATO untuk kesempatan pelatihan, Kementerian Luar Negeri Rusia jauh lebih serius tentang penumpukan blok itu di wilayah Laut Hitam. Moskow melihat kegiatan NATO sebagai kutub negatif dan akan bereaksi dengan tepat, kata Wakil Menteri Luar Negeri Aleksandr Grushko.

“Kami percaya keamanan di wilayah ini harus dipastikan melalui kerja sama negara-negara Laut Hitam. Semua mekanisme yang diperlukan untuk itu sudah ada,” tegasnya.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak