Profil Saulos Chilima, Wapres Malawi yang Meninggal karena Kecelakaan Pesawat

Rabu, 12 Juni 2024 - 12:30 WIB
loading...
Profil Saulos Chilima, Wapres Malawi yang Meninggal karena Kecelakaan Pesawat
Wakil Presiden Malawi Saulos Chilima tewas dalam kecelakaan pesawat. Foto/REUTERS
A A A
LILONGWE - Wakil Presiden (Wapres) Malawi Saulos Chilima dikonfirmasi meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat, Selasa (11/6/2024).

Presiden Malawi Lazarus Chakwera memastikannya usai tim pencari menemukan puing-puing pesawat yang ditumpangi Chilima (51) di hutan berkabut.

Sebelumnya, pesawat yang membawa Chilima beserta rombongan menghilang pada Senin (10/6/2024) setelah gagal mendarat di Kota Mzuzu, Malawi utara, akibat cuaca buruk.

Setelah itu, pencarian terus dilakukan hingga akhirnya tim SAR menemukan pesawat dalam kondisi sudah hancur total.

Lantas, seperti apa sebenarnya sosok Saulos Chilima yang menjadi salah satu korban dalam kecelakaan pesawat tersebut? Berikut ulasan profilnya.

Profil Saulos Chilima


Dr Saulos Klaus Chilima merupakan seorang ekonom dan politikus ternama di Malawi. Ia pertama kali terpilih sebagai Wakil Presiden (Wapres) Malawi pada 2014.

Mengutip laman Pemerintahan Malawi, Chilima lahir pada 12 Februari 1973. Ia menganut agama Katolik Roma dan memiliki posisi penting dalam gereja.

Pada riwayat pendidikannya, Chilima meraih gelar PhD di bidang Manajemen Pengetahuan dari Universitas Bolton, Inggris.

Sebelum itu, ia juga mendapat gelar Master di bidang Ekonomi serta gelar Sarjana di bidang Ilmu Sosial, Ilmu Komputer dan Ekonomi dari Universitas Malawi.

Sebelum menjajaki dunia politik, Chilima sempat merambah lini bisnis. Sebagai contoh, ia menjadi orang Malawi pertama yang mengepalai Airtel Malawi, perusahaan telekomunikasi seluler terkemuka di Afrika.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)
pixels