Ukraina Serang Sistem Rudal Canggih S-400 Rusia usai Hantam Jet Tempur Siluman Su-57

Selasa, 11 Juni 2024 - 07:20 WIB
loading...
Ukraina Serang Sistem Rudal Canggih S-400 Rusia usai Hantam Jet Tempur Siluman Su-57
Ukraina serang tiga sistem rudal Rusia, termasuk S-400, di Crimea. Serangan ini hanya berselang sehari setelah Kyiv serang jet tempur siluman Su-57 Moskow di wilayah Rusia. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Militer Ukraina mengatakan pihaknya telah merusak tiga sistem pertahanan rudal Rusia, termasuk S-400,semalam dalam serangan misil di semenanjung Crimea.

Serangan ini hanya berselang sehari setelah serangan drone Kyiv menghantam jet tempur siluman Su-57 Moskow di sebuah lapangan terbang di Rusia pada Sabtu pekan lalu.

Staf Umum Ukraina mengatakan serangan rudal pada hari Senin berhasil menghantam sistem rudal canggih S-400 di Dzhankoi dan dua sistem S-300 di dekat Yevpatoriya dan Chornomorske. "Yang mengakibatkan kerugian signifikan bagi pertahanan udara Rusia," kata Staf Umum Ukraina, seperti dikutip Reuters, Selasa (11/6/2024).



Pernyataan tersebut belum bisa diverifikasi secara independen.

Belum ada komentar langsung dari Kementerian Pertahanan Rusia. Namun, saluran Telegram lokal melaporkan terjadinya ledakan di dekat Dzhankoi dan Yevpatoriya.

Militer Ukraina mengatakan serangannya mematikan radar sistem pertahanan rudal Rusia dan meledakkan amunisi di wilayah tersebut.

“Tidak ada satupun rudal kami yang dapat dicegat oleh pertahanan udara musuh yang ‘sangat efektif’,” kata Staf Umum Ukraina melalui akun Telegram-nya.

Rusia telah berulang kali menembakkan rudal balistik ke Ukraina selatan dari semenanjung Crimea yang dikuasai Moskow sejak 2014.

Selama dua tahun terakhir invasi besar-besaran Rusia, Ukraina telah melakukan beberapa serangan udara dan laut terhadap sasaran-sasaran Rusia di semenanjung tersebut dan menyebabkan kerusakan signifikan pada armada Moskow di Laut Hitam.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0984 seconds (0.1#10.140)
pixels