Kampanye Pemilu Presiden Iran Dimulai, Siapa Kandidat Paling Kuat?

Senin, 10 Juni 2024 - 21:40 WIB
loading...
Kampanye Pemilu Presiden Iran Dimulai, Siapa Kandidat Paling Kuat?
Pemilu presiden Iran resmi digelar. Foto/ISNA/Press TV
A A A
TEHERAN - Kampanye pemilu presiden Iran secara resmi telah dimulai. Enam kandidat bersaing untuk menggantikan mendiang Presiden Ebrahim Raeisi.

Periode tersebut dimulai pada Minggu setelah Kementerian Dalam Negeri mengumumkan daftar enam calon yang kualifikasinya disetujui oleh Dewan Konstitusi.

Kampanye tersebut, yang mencakup lima debat langsung di televisi mengenai Penyiaran Republik Islam Iran (IRIB), akan berlanjut hingga 24 jam sebelum pemilu.

Iran akan memilih presiden baru pada 28 Juni. Pemilihan tersebut diadakan setelah Presiden Raeisi kehilangan nyawanya bersama tujuh orang lainnya pada 19 Mei, ketika sebuah helikopter yang membawa mereka jatuh di daerah pegunungan di barat laut Iran di tengah kondisi berkabut.

Pendaftaran pemilu berakhir pada tanggal 3 Juni, dengan lebih dari 80 kandidat mendaftar untuk ikut serta dalam pemungutan suara.

Dewan Konstitusi, sebuah badan pengawas pemilu yang beranggotakan 12 orang, pada hari Minggu menyetujui pencalonan Ketua Parlemen Mohammad Baqer Qalibaf, anggota parlemen reformis Masud Pezeshkian dan mantan perunding nuklir Saeed Jalili.



Daftar Dewan juga mencakup nama mantan Menteri Dalam Negeri dan Kehakiman Mostafa Purmohammadi, Kepala Yayasan Urusan Martir dan Veteran Amir Hossein Qazizadeh Hashemi, dan Walikota Teheran Alireza Zakani.

Siapa yang Diprediksi Menang?

Kandidat paling menonjol tetap Mohammed Bagher Qalibaf, 62, mantan walikota Teheran yang memiliki hubungan dekat dengan paramiliter Garda Revolusi negara itu. Namun, banyak yang ingat bahwa Qalibaf, sebagai mantan jenderal Garda Revolusi, adalah bagian dari tindakan keras terhadap mahasiswa Iran pada tahun 1999. Dia juga dilaporkan memerintahkan tembakan tajam untuk digunakan terhadap mahasiswa pada tahun 2003 ketika menjabat sebagai kepala polisi negara tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)
pixels