Takut Jadi Sasaran Empuk Hamas, Tentara Israel Menyamar sebagai Pengungsi Palestina dalam Operasi Nuseirat

Minggu, 09 Juni 2024 - 16:02 WIB
loading...
Takut Jadi Sasaran Empuk Hamas, Tentara Israel Menyamar sebagai Pengungsi Palestina dalam Operasi Nuseirat
Tentara Israel menyamar sebagai pengungsi ketika membebaskan sandera. Foto/AP
A A A
GAZA - Israel menggunakan taktik licik dalam operasi pembebasan sandera di Nuseirat, Gaza tengah. Mereka menyamar karena khawatir akan menjadi sasaran empuk pejuang Gaza yang sudah siaga.

Dua saksi mengatakan kepada Al Jazeera bagaimana satu unit tentara Israel tiba dengan truk yang membawa perabotan dan tampak seolah-olah mereka adalah pengungsi Palestina yang pindah ke sebuah bangunan tempat tinggal di kamp pengungsi Nuseirat.

“Mereka tiba dengan truk yang menyamar, berpura-pura sedang memindahkan perabotan seolah-olah mereka adalah pengungsi,” kata seorang saksi mata. “Mereka mengebom rumah saya, rumah saudara laki-laki saya, dan tetangga.”

Saksi lain mengatakan kepada Al Jazeera bahwa tentara Israel menggunakan tangga untuk masuk ke rumahnya saat dia sedang menyiapkan sarapan untuk istri dan bayinya.

“Saya melihat unit pasukan khusus. Ada perabotan di dalam kendaraan agar terlihat seperti milik para pengungsi. Tiba-tiba petugas itu keluar dari dua tangga dan masuk ke rumah kami dengan senjata lengkap. Kekacauan meletus dengan tembakan dan ledakan,” katanya.

“Bayi laki-laki saya yang berusia 18 bulan menangis ketakutan,” katanya. “Istri saya berteriak.”



Sementara itu, Omar Ashour, profesor studi keamanan dan militer di Institut Studi Pascasarjana Doha, telah berbicara kepada Al Jazeera tentang taktik militer Israel dalam operasinya untuk membebaskan empat tawanan di Nuseirat pada hari Sabtu.

Ashour mencatat bahwa sehari sebelum operasi, Israel mengirim kembali beberapa brigade, termasuk satu brigade khusus perang perkotaan, ke Gaza. Brigade-brigade ini memulai “operasi besar-besaran” di sebelah timur Deir el-Balah dan Bureij untuk menarik keluar pejuang Hamas dan “mengaburkan” serangan mereka yang akan datang di Nuseirat, katanya.

Kemudian, militer Israel melancarkan serangan gencar terhadap Nuseirat, yang berpenduduk sangat padat, katanya, saat mereka masuk untuk menangkap para tawanan. Itu jauh dari operasi pembedahan dan lebih dekat dengan operasi pelanggaran, kata Ashour.

“Bagian suksesnya adalah penyelamatan keempat sandera. Bencana yang terjadi adalah pembunuhan lebih dari 200 orang,” kata Ashour.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0876 seconds (0.1#10.140)
pixels