Wapres Afghanistan Selamat dari Serangan Taliban

Minggu, 31 Maret 2019 - 00:23 WIB
Wapres Afghanistan Selamat dari Serangan Taliban
Wapres Afghanistan Selamat dari Serangan Taliban
A A A
KABUL - Kelompok Taliban menyerang konvoi yang membawa Wakil Presiden Afghanistan, Abdul Rashid Dostum, dalam serangan yang membuat mantan panglima perang itu terluka. Serangan itu menewaskan salah satu pengawal Dostum.

Enayatullah Babur, mantan kepala staf Dostum, mengatakan serangan selama satu jam itu juga menyebabkan beberapa lainnya terluka.

Serangan itu terjadi di provinsi utara Balkh, di mana Dostum telah mengadakan rapat umum pada hari sebelumnya.

Di Twitter, seorang juru bicara Taleban mengatakan kelompok pemberontak telah melakukan serangan itu dan mengklaim empat pengawal Dostum telah tewas seperti dikutip dari Straits Times, Minggu (31/3/2019).

Dostum, seorang pemimpin etnik Uzbekistan yang kuat, terkenal di Afganistan karena kebiadaban yang ekstrem dan karena berulang kali mengalihkan kesetiaan selama 40 tahun konflik.

Meskipun katalog kejahatan perang melekat pada namanya dan tuduhan mengorganisir pemerkosaan serta penyiksaan terhadap saingan politik, Dostum menjadi wakil presiden pertama Afghanistan pada tahun 2014.

Pada rapat umum di Balkh, Dostum mengklaim dia bisa membersihkan Afghanistan utara dari Taliban dalam waktu enam bulan - jika saja pemerintah mengizinkannya.

Dalam pemilu yang tertunda di mana sekarang dijadwalkan diadakan pada September mendatang, Presiden Ashraf Ghani telah memilih Amrullah Saleh, etnik Tajik, untuk menjalankan pemerintahan jika terpilih bukan Dostum.

Dostum telah selamat dari beberapa upaya pembunuhan lain dalam hidupnya, termasuk yang diklaim oleh kelompok Negara Islam (ISIS) pada Juli lalu di Kabul yang menewaskan 23 orang termasuk pengemudi kantor berita AFP Mohammad Akhtar.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3675 seconds (0.1#10.140)