Siapa Rahul Gandhi? Pemimpin Partai Kongres India dan Musuh Utama PM Modi

Kamis, 06 Juni 2024 - 15:45 WIB
loading...
A A A

Masih Lajang

Siapa Rahul Gandhi? Pemimpin Partai Kongres India dan Musuh Utama PM Modi

Foto/AP

Masih lajang di usia 53 tahun, seorang pilot terlatih seperti ayahnya, dan penyelam scuba bersertifikat, Gandhi dikenal sebagai penggemar kebugaran dan seni bela diri dan terlihat bersepeda di jalan-jalan rindang di New Delhi, ditemani oleh petugas keamanan.

Meskipun dia menjaga kehidupan pribadinya dengan ketat, Gandhi mengizinkan sedikit mengintip selama puncak kampanye, membagikan video dia bermain dan menggosok perut anjingnya yang bernama Yassa, yang menurutnya sedang sakit parah, membuat Gandhi "sangat kesal dan rendah".

Sebagai anggota parlemen sejak tahun 2004, kehadiran Gandhi jauh di bawah rata-rata. Ketidakhadirannya yang sering di DPR dan negara telah menjadi fokus media dan menuai tuduhan dari BJP bahwa ia tidak menganggap serius politik.

Tidak Pernah Memiliki Pengalaman Politik dan Pemerintahan

Siapa Rahul Gandhi? Pemimpin Partai Kongres India dan Musuh Utama PM Modi

Foto/AP

Melansir Reuters, Gandhi tidak pernah menjadi menteri di pemerintahan federal atau negara bagian, dan belum pernah memimpin partai Kongresnya meraih kemenangan dalam pemilihan umum.

Kongres adalah partai politik nasional terbesar dengan populasi 1,4 miliar orang di seluruh negeri hingga diambil alih oleh BJP pada tahun 2014.

Di luar parlemen, Gandhi sering mengingatkan para pendukungnya akan komitmen dan pengorbanan keluarganya, berbicara tentang pembunuhan neneknya, Perdana Menteri Indira Gandhi, dan ayahnya serta mantan perdana menteri Rajiv Gandhi.

Keluarga Gandhi masih mendominasi Kongres dan memiliki loyalitas yang tinggi.

Disamakan dengan Keluarga Kennedy di AS

Siapa Rahul Gandhi? Pemimpin Partai Kongres India dan Musuh Utama PM Modi

Foto/AP

Silsilah politik, yang disamakan dengan keluarga Kennedy di Amerika Serikat baik karena kekuasaan yang dimiliki maupun tragedi yang menimpanya, dimulai dengan Motilal Nehru, yang menjalankan praktik hukum pada awal abad ke-20 dan meninggalkan gaya hidup Barat.

Putranya, Jawaharlal, adalah orang kepercayaan dan perdana menteri terdekat pahlawan kemerdekaan Mahatma Gandhi dari tahun 1947 hingga 1964.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)
pixels