Siapa Rahul Gandhi? Pemimpin Partai Kongres India dan Musuh Utama PM Modi

Kamis, 06 Juni 2024 - 15:45 WIB
loading...
Siapa Rahul Gandhi? Pemimpin Partai Kongres India dan Musuh Utama PM Modi
Rahul Gandhi menjadi pemimpin yang menjadi ancaman bagi PM Narendra Modi. Foto/AP
A A A
NEW DELHI - Pemimpin oposisi India Rahul Gandhi, yang diejek oleh Perdana Menteri Narendra Modi dan para pendukungnya selama satu dekade sebagai dinasti yang berhak, menandai kebangkitan yang menakjubkan, muncul di tengah-tengah aliansi yang membuat terobosan besar ke kubu partai yang berkuasa.

Sebagai keturunan dinasti politik Nehru-Gandhi yang terkenal di India , ia memulai dua demonstrasi lintas negara melawan apa yang ia sebut sebagai politik kebencian dan ketakutan Modi, memberikan dorongan antusiasme kepada partai Kongres dan merehabilitasi citranya sendiri.

Berkurangnya jumlah kursi akibat kemenangan Modi menjadi hanya 52 kursi di majelis rendah parlemen yang beranggotakan 543 orang pada tahun 2019, Partai Kongres tampaknya akan melipatgandakan perolehan kursi tersebut tahun ini, menurut penghitungan suara dari pemilihan umum.

Jumlah tersebut kemungkinan akan membatasi Partai Nasionalis Hindu Bharatiya Janata (BJP) yang mengusung Modi untuk mendapatkan kurang dari 272 kursi yang dibutuhkan untuk memenangkan mayoritas, dan partai tersebut harus bergantung pada sekutu untuk membentuk pemerintahan.

Meskipun Kongres mungkin harus menunggu satu masa jabatan lagi, Kongres akan memiliki suara paling keras dalam oposisi yang jauh lebih kuat, dengan Gandhi sebagai pusatnya.

Siapa Rahul Gandhi? Pemimpin Partai Kongres India dan Musuh Utama PM Modi

Kerap Dipanggil sebagai Pangeran

Siapa Rahul Gandhi? Pemimpin Partai Kongres India dan Musuh Utama PM Modi

Foto/AP

Sebagai tokoh oposisi yang paling menonjol, Gandhi telah menjadi sasaran serangan Modi dan para pemimpin BJP lainnya, yang sering memanggilnya "pangeran". Ayah, nenek, dan kakek buyut Gandhi semuanya pernah menjadi perdana menteri.

Selama kampanye, Gandhi, dengan rambut hitam cepak dan janggut berantakan, berkeliling negara sebagai tokoh utama partainya, meskipun Kongres dipimpin oleh loyalis keluarga Mallikarjun Kharge.

“Saya pikir Rahul Gandhi akan mendapat pujian, tidak hanya atas mobilisasinya, atas unjuk rasa yang ia lakukan, namun juga atas upayanya untuk terus mengklarifikasi arah ideologi Kongres yang menentang BJP,” kata Rahul Verma, analis politik di lembaga pemikir Pusat Penelitian Kebijakan di New Delhi.

“Jika dulu ada saatnya Gandhi benar-benar muncul, maka sekaranglah saatnya,” katanya.

Berambisi Mengubah Konstitusi Negara

Siapa Rahul Gandhi? Pemimpin Partai Kongres India dan Musuh Utama PM Modi

Foto/AP

Pada konferensi pers pada hari Selasa, Gandhi mengeluarkan versi konstitusi negara yang berjaket merah dan berukuran saku yang ia rujuk terus-menerus selama kampanye, dan mengatakan kinerja aliansinya adalah “langkah pertama” dalam mencegah Modi mencoba melakukan hal yang sama.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1659 seconds (0.1#10.140)
pixels