4 Pemimpin Negara Berdarah Yahudi yang Berkuasa, Nomor Terakhir Baru Terpilih

Rabu, 05 Juni 2024 - 20:02 WIB
loading...
4 Pemimpin Negara Berdarah Yahudi yang Berkuasa, Nomor Terakhir Baru Terpilih
Claudia Sheinbaum menjadi perempuan Yahudi yang terpilih sebagai Presiden Meksiko. Foto/AP
A A A
MEXICO CITY - Ada sejumlah pemimpin negara berdarah Yahudi yang menjabat. Terbaru, terdapat nama Claudia Sheinbaum yang baru saja terpilih menjadi Presiden Meksiko.

Sejarah mencatat bahwa banyak keturunan Yahudi yang pernah menjadi pemimpin sebuah negara. Hal ini bisa dalam jabatan presiden ataupun Perdana Menteri.

Pada era sekarang, pemimpin negara keturunan Yahudi juga masih bisa dijumpai. Berikut ini beberapa di antaranya yang dapat diketahui.

Pemimpin Negara Berdarah Yahudi yang Aktif Menjabat

1. Volodymyr Zelensky - Presiden Ukraina

Saat ini, Volodymyr Zelensky menjabat sebagai Presiden Ukraina. Ia terpilih sebagai pemimpin negara sejak 2019 lalu.

Pada riwayatnya, Zelensky lahir di Kryvyi Rih pada 25 Januari 1978. Ia diketahui berasal dari keluarga keturunan Yahudi di Ukraina.

Berbeda dengan sejumlah Presiden Ukraina lain, Zelensky punya latar belakang yang cukup menarik. Sarjana Hukum dari Institut Ekonomi Kryvyi ini pernah terjun ke dunia hiburan sebelum akhirnya beralih ke politik.

Saat masih di ranah hiburan, Zelensky pernah bergabung dengan tim komedi dan bekerja sebagai aktor. Salah satu aktingnya yang terkenal adalah ketika menjadi presiden Ukraina di serial televisi populer “Servant of the People” (Pelayan Rakyat).

Pada akhirnya, Zelensky beralih menuju politik dan mencalonkan diri menjadi presiden. Selama kampanye, ia berjanji untuk mengakhiri konflik berkepanjangan dengan Rusia.

Namun, masa jabatannya justru penuh gejolak. Setelah diterpa banyak masalah termasuk pandemi, kini Zelensky masih dihadapkan pada invasi Rusia yang sudah berlangsung sejak Februari 2022.

2. Laurentino Cortizo - Presiden Panama

Berikutnya ada nama Laurentino Cortizo. Ia adalah Presiden Panama yang sudah menjabat sejak 2019.

Lahir di Panama City, 30 Januari 1953, Cortizo juga memiliki latar belakang keluarga Yahudi. Riwayat ini didapat dari sang ibu, yakni Esther Cohen.

Sebelum terpilih sebagai presiden, Cortizo yang dikenal luas sebagai politikus ternama sudah banyak menyemat posisi penting lain. Di antaranya seperti Presiden Majelis Nasional (2000-2001) hingga Menteri Pembangunan Pertanian (2004-2006).

3. Benjamin Netanyahu - Perdana Menteri Israel

4 Pemimpin Negara Berdarah Yahudi yang Berkuasa, Nomor Terakhir Baru Terpilih

Foto/Reuters
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)
pixels