alexametrics

AS Dukung Inisiatif RI Gelar Pertemuan Bahas Indo-Pasifik

loading...
AS Dukung Inisiatif RI Gelar Pertemuan Bahas Indo-Pasifik
Deputi Wamenlu AS untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik, W. Patrick Murphy sebut AS dukung enuh inisiatif Indonesia untuk menggelar sebuah pertemuan guna membahas kawasan Indo-Pasifik. Foto/Victor Maulana/Sindonews
A+ A-
JAKARTA - Amerika Serikat (AS) mendukung penuh inisiatif Indonesia untuk menggelar sebuah pertemuan guna membahas kawasan Indo-Pasifik. Dukungan itu disampaikan oleh Deputi Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik, W. Patrick Murphy.

Murphy, yang berbicara pasca melakukan kunjungan kehormatan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, di sela-sela "High Level Dialogue on Indo-Pasifik Cooperation" di Jakarta, mengatakan, AS berharap Indonesia dapat lebih banyak mengajak negara di kawasan untuk terlibat dalam pertemuan semacam ini.

"Saya ingin menyampaikan dukungan terhadap pertemuan tingkat tinggi yang dilakukan untuk kerjasama di kawasan Indo-Pasifik dan mendukung upaya Indonesia untuk bisa menarik lebih banyak dukungan dari negara-negara di kawasan ini untuk mencapai tujuan itu," ucap Murphy pada Rabu (20/3).



"Kami mencapai banyak pencapaian hari ini, ada 18 negara yang turut bergabung bersama kita, mereka juga berbagi prinsip-prinsip yang sama, mereka juga memiliki visi yang sama yaitu untuk mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka dengan rasa hormat terhadap negara-negara, negara besar maupun negara kecil dan bagaiman mereka bisa menyelesaikan permasalahan sesuai aturan hukum yang ada," sambungnya.

Dia kemudian mengatakan, selain membahas Indo-Pasifik, dia dan Retno juga membahas mengenai hubungan bilateral AS dan Indonesia, yang tahun ini memasuki usia 70 tahun.

"Kita memiliki kemitraan strategis antara kedua negara, kedua negara juga merupakan anggota dari DK PBB dan saya berkesempatan untuk menemui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk membahas apa saja yang menjadi tantangan global dan apa saja yang bisa lakukan untuk bekerjasama," tukasnya.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak