Korea Utara Kembali Teror Korea Selatan dengan Balon Tinja

Minggu, 02 Juni 2024 - 16:06 WIB
loading...
A A A
Militer Korea Selatan mengatakan mereka tidak berencana menembak jatuh balon-balon tersebut, dengan alasan kekhawatiran akan menyebabkan kerusakan atau kemungkinan mengandung zat berbahaya. Menembak balon di dekat perbatasan juga berisiko memicu pembalasan dari Korea Utara pada saat ketegangan sedang tinggi.

“(Kami) memutuskan bahwa yang terbaik adalah membiarkan balon-balon itu jatuh dan mengambilnya dengan aman,” Lee Sung Joon, juru bicara Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, mengatakan dalam sebuah pengarahan pada hari Kamis.

Korea Utara sangat sensitif terhadap segala upaya pihak luar untuk melemahkan kendali absolut Kim Jong Un atas 26 juta penduduk negara tersebut, yang sebagian besar dari mereka hanya memiliki sedikit uang.

Pada tahun 2020, Korea Utara meledakkan kantor penghubung kosong yang dibangun Korea Selatan di wilayahnya setelah menanggapi dengan marah kampanye selebaran sipil Korea Selatan. Pada tahun 2014, Korea Utara menembakkan balon propaganda yang terbang menuju wilayahnya dan Korea Selatan membalas tembakan tersebut, meskipun tidak ada korban jiwa.

Pada tahun 2022, Korea Utara bahkan menyatakan bahwa balon-balon yang diterbangkan dari Korea Selatan telah menyebabkan wabah COVID-19 di negara terisolasi tersebut, sebuah klaim yang sangat dipertanyakan dan tampaknya merupakan upaya untuk menyalahkan Korea Selatan atas memburuknya hubungan antar-Korea.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2826 seconds (0.1#10.140)
pixels