Korea Utara Kembali Teror Korea Selatan dengan Balon Tinja

Minggu, 02 Juni 2024 - 16:06 WIB
loading...
Korea Utara Kembali Teror Korea Selatan dengan Balon Tinja
Korea Utara mengirimkan ratusan balon berisi sampah dan tinja ke Korea Selatan. Foto/AP
A A A
SEOUL - Korea Utara meluncurkan ratusan balon pembawa sampah dan tinja lagi ke arah Selatan setelah kampanye serupa beberapa hari sebelumnya. Balon tinja tersebut disebut Pyongyang sebagai pembalasan terhadap para aktivis yang menyebarkan selebaran anti-Korea Utara di seluruh perbatasan.

"Antara Sabtu malam hingga Minggu pagi, sekitar 600 balon yang diterbangkan dari Korea Utara ditemukan di berbagai wilayah Korea Selatan. Balon-balon tersebut berisi tinja, puntung rokok, potongan kain, kertas bekas dan vinil, namun tidak ada bahan berbahaya di dalamnya," kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan pada Minggu (2/6/2024), dilansir AP.

Militer menyarankan masyarakat untuk berhati-hati terhadap benda yang jatuh dan tidak menyentuh benda yang diduga berasal dari Korea Utara, namun melaporkannya ke kantor militer atau polisi. Belum ada laporan korban luka atau kerusakan.

Di Seoul, pemerintah kota mengirimkan peringatan teks yang mengatakan bahwa benda tak dikenal yang diduga diterbangkan dari Korea Utara terdeteksi di langit dekat kota dan bahwa militer sedang meresponsnya.

Peluncuran balon yang dilakukan Korea Utara menambah serangkaian langkah provokatif baru-baru ini, yang mencakup kegagalan peluncuran satelit mata-mata dan rentetan peluncuran rudal jarak pendek yang menurut Korea Utara dimaksudkan untuk menunjukkan kemampuannya menyerang Korea Selatan terlebih dahulu.

Militer Korea Selatan mengirimkan tim respons cepat kimia dan pembersihan bahan peledak untuk menemukan puing-puing dari sekitar 260 balon Korea Utara yang ditemukan di berbagai wilayah negara itu dari Selasa malam hingga Rabu. Pihak militer mengatakan balon-balon tersebut membawa berbagai jenis sampah dan kotoran tetapi tidak mengandung zat berbahaya seperti bahan kimia, biologi, atau radioaktif. Beberapa balon ditemukan dengan pengatur waktu yang menunjukkan bahwa balon tersebut dirancang untuk meledakkan kantong sampah di udara.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, membenarkan bahwa Korea Utara mengirimkan balon-balon tersebut untuk mengatasi ancaman negaranya baru-baru ini yaitu “menyebarkan tumpukan kertas bekas dan kotoran” di Korea Selatan sebagai tanggapannya. hingga kampanye selebaran oleh aktivis Korea Selatan.



Dia mengisyaratkan bahwa balon bisa menjadi respons standar Korea Utara terhadap penyebaran selebaran, dan mengatakan bahwa Korea Utara akan merespons dengan “menyebarkan sampah puluhan kali lebih banyak daripada yang disebar ke kita.”

Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan pada hari Jumat bahwa Korea Utara harus menghentikan provokasi – termasuk peluncuran rudal dan tindakan lainnya – atau menghadapi konsekuensi “tak tertahankan” yang tidak dapat ditanggung.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)
pixels