Pasukan Israel Beroperasi di Rafah Tengah, Bantuan untuk Warga Gaza Terhenti

Jum'at, 31 Mei 2024 - 22:02 WIB
loading...
Pasukan Israel Beroperasi di Rafah Tengah, Bantuan untuk Warga Gaza Terhenti
Tank Israel bermanuver di dekat perbatasan Israel-Gaza. Foto/REUTERS/Amir Cohen
A A A
RAFAH - Militer Israel sedang mengelar operasi di Rafah tengah. Pernyataan dan laporan saksi sebelumnya menunjukkan adanya penggerebekan di kamp pengungsi Shaboura dan lokasi lain di dekat pusat kota Rafah.

Militer Israel mengklaim pasukannya di Rafah tengah telah menemukan peluncur roket dan terowongan Hamas serta membongkar kota penyimpanan senjata milik kelompok pejuang.

Israel melancarkan serangan darat ke kota tersebut pada tanggal 6 Mei dan sebagian besar beroperasi di distrik timur dan dekat perbatasan dengan Mesir.

Pekan ini, pasukan Israel juga bergerak ke distrik barat kota Tel al-Sultan, tempat bentrokan hebat dengan pejuang Hamas dilaporkan oleh para saksi.

Lebih dari satu juta warga Palestina telah meninggalkan kota tersebut sejak serangan dimulai, tersebar di sekitar Gaza selatan dan tengah.

Bantuan Tak Sampai ke Warga Sipil Gaza


Bantuan terbatas yang masuk ke daerah kantong itu tidak sampai ke mereka yang membutuhkan, menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

PBB menyerukan Israel memenuhi kewajiban hukumnya guna memastikan pengiriman bantuan.

“Bantuan yang masuk tidak sampai ke tangan masyarakat, dan itu masalah besar,” ujar Jens Laerke, juru bicara badan kemanusiaan PBB, OCHA.

“Kami terus menegaskan kewajiban otoritas Israel berdasarkan hukum untuk memfasilitasi pengiriman bantuan tidak berhenti di perbatasan,” ungkap Laerke, menunjuk pada kendali Israel atas penyeberangan utama Karem Abu Salem (Kerem Shalom) di perbatasannya.

“Situasi kemanusiaan masih mengerikan di Gaza, terutama dalam hal penyaluran bantuan kepada warga sipil,” ungkap Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken, mengutip operasi tempur di selatan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)
pixels